Ahad 14 Aug 2016 12:51 WIB

JK Sebut Kemenkumham Kaji Kewarganegaraan Menteri ESDM

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Menteri ESDM, Arcandra Tahar
Foto: setkab.go.id
Menteri ESDM, Arcandra Tahar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan, tim dari Kementerian Hukum dan HAM tengah mengkaji status kewarganegaraan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar.

"Lagi, tim Menkumham tengah mengkaji. Tengah mengkaji," kata JK usai melayat di rumah duka mantan Menteri Koperasi dan UKM Adi Sasono, di Pondok Labu, Jakarta Selatan, Ahad (14/8).

Pemerintah pun saat ini tengah menunggu hasil dari kajian tim KemenkumHAM tersebut. Kendati demikian, JK yang mengaku baru mengenal sosok Arcandra itu menilai menteri ESDM tersebut merupakan orang yang baik.

"Saya baru kenalnya baru kemarin. Tapi baik orangnya baik, orangnya baik," kata JK singkat.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menegaskan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar tidak pernah melepas kewarganegaraan Indonesia. Saat kembali ke Indonesia menjadi menteri, Arcandra pun menggunakan paspor Indonesia, bukan Amerika Serikat.

Meski begitu, Pratikno tidak bisa menjawab ketika ditanya apakah Arcandra sudah melepas kewarganeraan Amerika Serikat (AS) atau belum. Istana juga belum bisa melakukan klarifikasi ke otoritas terkait.

"Kalau masalah itu, biar otoritas terkait yang menjelaskan," ujarnya.

‎Pratikno menceritakan, Presiden Jokowi memang sengaja memanggil Arcandra Tahar kembali ke Indonesia untuk membantu bangsa. Jokowi, kata Pratikno, ingin orang-orang hebat Indonesia yang bekerja di luar negeri, kembali ke Tanah Air. Arcandra, kata Pratikno, memiliki kualifikasi internasional dan dan memiliki beberapa paten di bidang energi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement