Selasa 09 Aug 2016 16:11 WIB

MPJ Siap Berkomunikasi Politik dengan Koalisi Kekeluargaan

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ilham
Tujuh partai besar mengadakan pertemuan menghadapi Pilkada DKI Jakarta  2017. Dalam pertemuan tersebut koalisi tujuh partai atau koalisi kekeluargaan ini membeberkan kriteria yang akan diusung untuk Pilgub Jakarta 2017. Jakarta, Senin (8/8).
Foto: MGROL76
Tujuh partai besar mengadakan pertemuan menghadapi Pilkada DKI Jakarta  2017. Dalam pertemuan tersebut koalisi tujuh partai atau koalisi kekeluargaan ini membeberkan kriteria yang akan diusung untuk Pilgub Jakarta 2017. Jakarta, Senin (8/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Pekerja Majelis Pelayan Jakarta (MPJ) Iwel Sastra mengungkapkan, pihaknya siap melakukan komunikasi politik dengan Koalisi Kekeluargaan. Hal ini terkait dengan adanya kesesuaian kriteria calon gubernur DKI Jakarta yang diungkapkan Koalisi Kekeluargaan dengan MPJ.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tujuh partai politik, yaitu PDI-P, Gerindra, PKB, PPP, Demokrat, PAN, dan PKS sepakat membentuk koalisi dalam menghadapi Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang. Koalisi Kekeluargaan juga menyebutkan kriteria calon gubernur (Cagub), yang bakal mereka usung. Kriteria tersebut adalah arif, bijaksana, santun, beradab, bersih, cerdas, dan beretika.

MPJ pun menilai ada kesesuaian kriteria Gubernur yang diungkapkan Koalisi Kekeluargaan. Karena itu, MPJ berencana melakukan komunikasi politik. ''MPJ segera melakukan komunikasi politik dengan Koalisi Kekeluargaan karena kriteria calon Gubernur yang dikemukakan Koalisi Kekeluargaan sejalan dengan kriteria yang telah ditetapkan MPJ jauh hari sebelumnya,'' kata Iwel dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (9/8).

Terlebih, MPJ menilai ada sejumlah nama calon gubernur yang diusung oleh anggota Koalisi Kekeluargaan, sesuai dengan nama gubernur hasil rekomendasi MPJ. MPJ, yang beranggotakan sejumlah pemuka agama Islam di Jakarta itu, memang sempat menyebut setidaknya ada tujuh tokoh yang dianggap cocok menduduki jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ketujuh tokoh tersebut adalah mantan Menpora Adhyaksa Dault, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, Bupati Bojonegoro Suyoto alias Kang Yoto, pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra, ulama Ustadz Yusuf Mansur, mantan Wamenhan Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, dan pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno.

''Apalagi beberapa nama calon Gubernur yang direkomendasikan MPJ juga disebut-sebut Koalisi Kekeluargaan,'' kata Iwel.

Sementara, Ketua Dewan Syura MPJ, Didin Hafidhudin juga berharap, Koalisi Kekeluargaan dapat mempertimbangkan ketujuh nama tersebut untuk bisa diusung dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, mendatang. ''MPJ mengusulkan agar calon terbaik diantara tujuh kandidat yang telah direkomendasikan MPJ, dapat dipertimbangkan sebagai pasangan cagub oleh Koalisi Kekeluargaan,'' katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement