Kamis 04 Aug 2016 16:40 WIB

Situasi Surabaya Mirip Solo Ketika Jokowi Ikut Pilgub DKI

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Komunitas pendukung Tri Rismaharini yang tergabung dalam Jaklover (ilustrasi). (Republika/ Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Komunitas pendukung Tri Rismaharini yang tergabung dalam Jaklover (ilustrasi). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dijagokan ikut meramaikan bursa calon gubernur DKI Jakarta. Kabar tersebut pun memberikan pengaruh pada situasi politik dan pemerintahan di Kota Pahlawan.

Pengamat politik Universitas Airlangga Surabaya, Haryadi, mengatakan situasi di Surabaya sama persis seperti ketika Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) akan hijrah ke DKI Jakarta untuk ikut pilkada.

"Situasi di Surabaya ini mirip ketika Pak Jokowi dulu meninggalkan tugas dan jabatannya sebagai Wali Kota Solo untuk ikut kontestasi di DKI 1," ujar dia kepada Republika.co.id, Kamis (4/8).

Masyarakat terbelah antara yang mendukung Risma hijrah dan yang mengharapkan Risma tetap di Surabaya. Beberapa elemen masyarakat secara tegas memasang baliho di sudut Kota Surabaya meminta Risma tetap di Surabaya. Mereka menilai Risma masih punya PR dan tanggung jawab merapikan Surabaya.

Sedangkan, yang mendorong Risma ke Jakarta merasa Risma bisa menjadi kebanggaan warga Surabaya karena berjuang di Ibu kota. "Jadi memang bervariasi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement