Rabu 27 Jul 2016 20:32 WIB

Harapan Anies Baswedan pada Tenaga Pendidik di Indonesia

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ilham
Anies Baswedan
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Anies Baswedan mengakhiri masa tugasnya dalam Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (27/7). Ia kemudian menitipkan sejumlah pesan terhadap para guru dan tenaga pendidik di seluruh Indonesia.

"Ijinkan saya menyampaikan sejumlah harapan," kata Anies dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (27/7).

Pertama, ia berharap, para tenaga pendidik dapat merubah pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik. Kedua, ia mengajak para tenaga pendidik meneguhkan komitmn untuk menjadikan sekolah sebagai taman yang penuh tantangan dan menyenangkan bagi warganya.

Ketiga, ia mengajak para tenaga pendidik memastikan sekolah dapat menjadi tempat bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai kodratnya, khususnya dalam memenuhi potensi unik dirinya. Keempat, ia mengajak, para tenaga pendidik menjadikan sekolah sebagai sumur amal yang akan mengalirkan pahala tanpa henti.

"Teruslah bergandengan erat dengan orang tua, bersama-sama menuntun anak-anak meraih masa depan, menjawab tantangan jamannya, melampaui cita-citanya," tutur dia.

Anies menitipkan sebuah perubahan dalam bentuk peraturan-peraturan baru yang mendorong ekosistem sekolah menyenangkan. Selain itu, dia berharap terbentuknya sekolah yang bebas dari kekerasan melalui pembiasaan dan praktik baik di sekolah.

Ia mengatakan, kendati menteri pendidikan sudah berganti, namun ikhtiar untuk mendidik anak bangsa tidak boleh berhenti. "Masih banyak pkerjaan rumah pemerintah yang harus ditunaikan bagi guru dan tenaga pendidik," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement