Sabtu 23 Jul 2016 12:41 WIB

Pemerintah Diharap Sediakan Hewan Kurban dari Peternak Lokal

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Ilham
Kambing lokal (ilustrasi)
Kambing lokal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PKS, Akmal Pasluddin meminta pemerintah untuk mengantisipasi tingginya permintaan terhadap sapi dan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Saya yakin pemenuhan kebutuhan kambing untuk kurban dapat dengan mudah dipenuhi. Namun pemerintah harus tetap waspada terhadap segala kemungkinan, terutama pada penyakit yang berbahaya yang bisa diderita kambing-kambing hidup," katanya, Sabtu, (22/7).

Pemenuhan kebutuhan kambing, terang Akmal, dapat dipenuhi karena sentra kambing banyak terdapat di Jawa Barat. Sentra kambing di Jawa Barat mampu memenuhi kebutuhan di tiga provinsi sekaligus, yakni Jawa Barat, Banten, dan Jakarta.

Dari jumlah populasi kambing atau domba di Jawa Barat, sebesar 10,6 juta ekor di Jawa Barat hanya terserap 600 ribu hingga 1 juta ekor saja per tahun. Sedangkan kebutuhan sapi lokal hidup pada saat Idul Adha dapat mencapai 200 ribu ekor hanya untuk kebutuhan Jabotabek.

 

“Saya berharap, pemerintah menyediakan kebutuhan sapi dan kambing hidup untuk kebutuhan kurban Idul Adha berasal dari peternak lokal. Tinggal masalah memperbaiki manajemen stok dengan distribusi yang baik didukung semua elemen pemerintah dan aparat," kata Akmal.

Dengan terserapnya sapi lokal untuk kurban diharapkan para peternak dapat menerima hasil yang laik atas kerja mereka memelihara sapi dan kambing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement