Rabu 20 Jul 2016 16:29 WIB

Rencana Revitalisasi Lapangan Sempur Molor

Rep: Rahayu Surbekti/ Red: Indira Rezkisari
Lapangan Sempur Bogor
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Lapangan Sempur Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Rencana revitalisasi Lapangan Sempur, Kota Bogor sudah muncul sejak Mei 2016. Saat perencanaan revitalisasi tersebut muncul, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor memperkirakan penutupan taman selama perbaikan akan berlangsung sekitar lima bulan.

Hanya saja mulai memasuki pertengahan Juli 2016, Dinas DKP Kota Bogor memperkirakan penutupan taman akan lebih lama. "Rencananya penutupan Taman Sempur selama revitalisasi menjadi tujuh bulan," kata Kepala Bidang Pertamanan DKP Kota Bogor Yadi Cahyadi kepada Republika.co.id, Rabu (20/7).

Dia menyatakan, pelaksanaan revitalisasi taman tersebut secara fisik akan dilakukan pada akhir pekan ini. Pelaksanaan penutupan taman, kata Yadi, akan dimulai pada 25 Juli 2016 sampai 25 Februari 2017. "Nanti pengerjaan tidak sampai Februari 2017 saja. Ada masa pemeliharaan ditambah dua bulan lagi setelahnya," tutur Yadi.

Dengan adanya penutupan taman tersebut, kegiatan Upacara Kemerdekaan 2017 akan terdampak. Yadi menjelaskan, Upacara Kemerdekaan yang biasanya dilakukan di Lapangan Sempur akan dipindah ke lokasi lain.

Menyatukan semua taman yang ada di Kota Bogor, revitalisasi Taman Sempur akan dibuat berbeda. "Konsepnya nanti dibuat seperti plaza dan ada permainan warna juga. Begitu juga lampu agar taman tersebut tidak gelap seperti sekarang saat malam hari," ungkap Yadi.

Tak hanya merevitalisasi bentuk fisik taman tersebut, pedagang kaki lima (PKL) di kawasan taman juga akan dirapikan. Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan akan mengakomodir para PKL dengan membuatkan pusat jajan di taman tersebut.

"Banyak warga mengeluhkan kondisi Sempur yang sudah tidak nyaman lagi untuk berolahraga karena harus bersaing dengan para PKL dan banyak sampah," jelas Bima.

Selama revitalisasi taman tersebut, Bima menyarankan warga untuk berolahraga di lokasi lain. Fasilitas olahraga yang ada di GOR Pajajaran bisa menjadi salah satu pilihan untuk masyarakat yang sebelumnya terbiasa di Taman Sempur.

Sebelumnya, Dinas DKP Kota Bogor menentukan penutupan Taman Sempur selama revitalisasi hanya sekitar lima bulan. Rencana fisik pembangunan juga seharusnya dilakukan sejak awal Juli 2016 namun baru akan dilakukan memasuki pertengahan Juli 2016.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement