Senin 18 Jul 2016 16:52 WIB

Ribuan Orang Tua di Yogyakarta Antar Anaknya ke Sekolah

Rep: Yulianingsih/ Red: Ilham
Orang tua antar anak masuk sekolah hari pertama, Senin (18/7).
Foto: Mahmud Muhyidin
Orang tua antar anak masuk sekolah hari pertama, Senin (18/7).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ribuan orag tua siswa baru di Kota Yogyakarta mengantarkan anaknya ke sekolah pada hari pertama sekolah, Senin (18/7). Mereka bukan hanya mengantarkan anak mereka ke sekolah, namun juga menjalin komunikasu dengan guru dan kepala sekolah.

Berdasarkan pantauan di SMP Negeri 9 Yogyakarta, di setiap sekolah ada ratusan orang tua mengantarkan putra putrinya yang masuk sebagai siswa baru. Para orang tua bahkan berkenalan langsung dengan wali kelas dan kepala sekolah. Bahkan, mereka membentuk paguyuban orang tua siswa di sekolah tersebut.

"Dari pihak sekolah memang ada surat undangan untuk orang tua siswa agar mengantar anak ke sekolah pada hari pertama," ujar Rina, seorang orang tua siswa di sekolah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana mengatakan, pihaknya memang sudah memberikan surat edaran terakait gerakan mengantar anak sekolah di hari petama sekolah. "Harapannya memang tidak hanya mengantar saja, tetapi bertnteraksi dengan guru di sekolah sehingga terjalin komunikasi," katanya.

Hasil pantauan Forum Pemantau Pakta Integritas (FORPI) Kota Yogyakata dketahui bahwa ‪pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di sejumlah sekolah di Yogyakarta berjalan lancar dan tdak ada pelanggaran. "Di SMAN 3, awal masuk sekolah sebelum mengikuti materi yang disampaikan oleh pihak sekolah, seluruh siswa termasuk guru melakukan syawalan," kata Baharudin Kamba anggota FORPI Kota Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement