Ahad 03 Jul 2016 17:31 WIB

Harga Daging Ayam di Yogya Naik Lagi Jelang Lebaran

Rep: Yulianingsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi
Foto: Republika/ Edi Yusuf
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Harga Daging Ayam di Pasar Tradisional di Yogyakarta mula bergerak naik menjelang lebaran. Harga daging ayam saat ini mencapa 36 ribu per kilogram. Sebelumnya harga daging ayam Rp 35 ribu per kilogram yang juga sudah naik dari awal puasa yang hanya Rp 33 ribu per kilogram.

Menurut Hartini pedagang daging ayam di Pasar Giwangan, kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak dua hari ini. Kenaikan harga ini akan terus terjadi sampai mendekati lebaran nanti. "Ini akan naik lagi mendekati lebaran," ujarnya.

Pengalaman tahun lalu kata dia, mendekati lebaran harga daging ayam mencapai Rp 37 hingga Rp 38 ribu per kilogram. Pasalnya kata dia, menjelang lebaran banyak masyarakat yang belanja daging ayam namun yang berjualan semakin berkurang banyak yang libur.

Kenaikan harga daging ayam ras seja awal puasa tersebut ternyatta menyumbang inflasi Kota Yogyakarta pada Mei 2016. Laju inflasi Kota Yogyakarta Mei menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 0,43 persen.

Menurut Kepala BPS DIY, Bambang Kristiyanto, beberapa komoditas yang mengalami kenaian harga sehingga menyumbang laju inflasi adalah daging ayam ras yang nak 0, 85 persen memberikan andil pada laju inflasi sebesar 0,07 persen. Wortel harganya naik 33,18 persen memberikan andil pada inflasi sebesar 0,05 persen. "Dibandngkan bulan Maret lalu, laju inflasi pada Mei ini naik signifikan. Karena inflasi Maret hanya 0,08 persen," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement