Jumat 01 Jul 2016 22:03 WIB

BSI Sukabumi Gelar Festival Marawis

Penampilan juara 1 (grup Al-Askar dari MAN 2 Kota Sukabumi) di Festival Mawaris. BSI Sukabumi, Kamis, (23/6/2016).
Foto: Dok BSI
Penampilan juara 1 (grup Al-Askar dari MAN 2 Kota Sukabumi) di Festival Mawaris. BSI Sukabumi, Kamis, (23/6/2016).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bina Sarana Informatika (BSI) kampus Sukabumi bekerjasama dengan STMIK Nusa Mandiri kampus Sukabumi menggelar Festival Marawis Tropi Bergilir Walikota Sukabumi, di halaman kampus BSI Sukabumi, Jalan Cemerlang No. 8 Sukakarya Sukabumi, Kamis (23/06/2016). Kegiatan yang berlangsung akhir pekan lalu ini digelar untuk memperkenalkan dan melestarikan seni budaya Islam, salah satunya musik marawis.

Kepala Kampus Sukabumi Taufik Hidayatuloh  menyampaikan bahwa di antara kepamoran musik barat dikalangan muda, seni budaya Islam salah satunya musik marawis memiliki tempat tersendiri di kalangan anak muda yang duduk dibangku SD hingga SMA.

“Sebagai lembaga pendidikan, BSI terpanggil untuk turut serta melestarikan seni budaya Islam. Salah satunya musik marawis yang eksistensinya semakin terkikis karena terkenalnya musik barat di antara anak muda saat ini”, ucap Taufik.

Sebanyak 13 grup turut memeriahkan Festival Marawis, terdiri dari kategori Madrasah Ibtidaiyah (MI)/ Sekolah Dasar (SD) 1 grup, 3 grup dari kategori Madrasah Tsanawiyah (MTs)/ Sekolah Menengah Pertama (SMP), 9 grup dari kategori Madrasah Aliyah (MA)/ Sekolah Menengah Atas (SMA), dengan memperebutkan tropi bergilir Walikota Sukabumi, juara favorit, juara 1, 2 dan 3.

Perlombaan yang terbagi menjadi tiga babak ini mencetak empat juara di antaranya juara 1 diraih oleh grup Al-Askar dari MAN 2 Kota Sukabumi, sekaligus membawa pulang tropi bergilir Walikota Sukabumi. Sedangkan juara 2 diraih oleh grup Al-Akwan dari MAN 1 Kota Sukabumi, juara 3 diraih oleh grup El-Fathrah dari MTs. Miftahul Huda dan juara favorit diraih oleh grup Alfu-Tamiin dari MI As-Suada.

 

Ketua Pelaksana Satia Suhada MKom mengungkapkan,   Festival Marawis yang bertajuk Festival Budaya Seni Islam BSI Sukabumi ini, baru pertama kali dilaksanakan dengan memperebutkan trophy bergilir Walikota Sukabumi. “Trophy bergilir Walikota Sukabumi yang pertama kali pada tahun 2016 ini, rencananya akan selalu kami adakan pada tahun-tahun yang akan datang,”  ungkap Satia.

Festival Marawis ini merupakan rangkaian acara dari Festival Ramadhan Berbagi Sesama Insan, dimana sore harinya dengan hari yang sama dilaksanakan pula buka puasa bersama dan pemberian santunan kepada 100 anak yatim dan dhuafa. Santunan berupa uang saku dan seperangkat perlengkapan sekolah

“Terimakasih kepada para sivitas akademi BSI Sukabumi (dosen, mahasiswa dan karyawan) dan para pengusaha atau sponsor (PT Forisa Nusapersada, Wardah Cosmetic, Baznas Kab. Sukabumi, RSUD Syamsudin, SH, ASIA Sport, Golden Toys) yang telah mendukung terlaksananya kegiatan festival marawis hingga pemberian santunan kepada 100 anak yatim dan dhuafa ini. Semoga yang telah kita lakukan ini selalu diridhai dan diberkahi oleh Alloh SWT,”  tutur Taufik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement