Senin 27 Jun 2016 14:58 WIB

Jokowi Minta PLN dan Pertamina Buat Proyek untuk UKM

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nur Aini
Usaha kecil menengah/UKM (ilustrasi)
Foto: Antara
Usaha kecil menengah/UKM (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo meminta PLN dan Pertamina melibatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam proyek-proyek mereka. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, untuk di lingkungan PLN misalnya, UKM dapat dilibatkan untuk mensuplai bahan baku kegiatan produksi mini-hydro, micro-hydro, dan transmisi.

"Untuk di Pertamina juga, tadi Presiden meminta agar segera diidentifikasi apa saja kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh UKM," ujar Darmin di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/6).

Dengan melibatkan UKM dalam proyek-proyek PLN dan Pertamina, kata dia, diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri. "Tadi PLN menyampaikan bahwa di luar Jawa memang banyak yang bisa dikembangkan," ujar dia.

Namun begitu, kata Darmin, Presiden mengingatkan agar dibuat aturan main yang adil sehingga menguntungkan kedua pihak, baik BUMN maupun UKM. Setelah PLN dan Pertamina, Darmin mengatakan, kegiatan serupa yang melibatkan pengusaha kecil juga akan dibentuk di BUMN-BUMN lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement