Sabtu 25 Jun 2016 10:20 WIB

Habibie Tampilkan Wajah Islam yang Cerdas di Dunia

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ilham
BJ Habibie
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden RI Ketiga BJ Habibie

Di mata cendekiawan Muslim wanita, Marwah Daud Ibrahim, sosok Habibie sangat dikenal, tidak hanya seorang teknokrat, tetapi juga cendekiawan Muslim yang mampu mengangkat citra Islam di awal tahun 1990. Marwah mengenal sosok yang ia panggil Pak Habibie sejak di bangku kuliah.

“Pertama kali saya bertemu pak Habibie saat kunjungan beliau ke Universitas Hasanudin (Makassar), kemudian saya bertemu kembali saat mendapat undangan sebagai perwakilan mahasiswa teladan se Sulawesi Selatan di Istana Negara,” jelas dia, Senin (20/6).

Habibie sempat menyapa Marwah saat hadir di Istana saat itu, dia mengenal Marwah sebagai mahasiswa berprestasi dan juga aktivis. Habibie kemudian mengajak Marwah untuk bergabung di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang saat itu dipimpinnya.

Marwah juga mengenal sosok Habibie yang sangat perhatian kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satunya adalah pemberian beasiswa pendidikan. Marwah sendiri adalah salah seorang penerima beasiswa untuk gelar master di American University. Marwah kembali mendapatkan beasiswa saat bekerja di BPPT.

Penguatan sumber daya manusia selalu Habibie lakukan dimanapun dia berada. Hal terbesar yang pernah Habibie lakukan adalah memperbaiki citra Islam di Indonesia. “Habibie telah mengubah kehidupan berbangsa Indonesia dengan lahirnya Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI),” kata dia.

Setelah ICMI lahir, Muslim Indonesia tidak malu dan takut lagi mengakui dirinya Muslim di hadapan publik saat bekerja maupun sekolah di luar negeri. Di Indonesia, citra Muslim yang cerdas mulai meningkat ditandai juga dengan lahirnya media yang juga mengangkat citra Muslim; Republika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement