Senin 13 Jun 2016 19:56 WIB

Bakso Mengandung Boraks Ditemukan di Pusat Jajanan Medan

Rep: Issha Harrua/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi
Foto: Antara
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Petugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menggelar inspeksi mendadak (sidak) terhadap makanan dan minuman yang dijual di Ramadhan Fair di Jl Masjid Raya, Medan, Senin (13/6) sore. Hasilnya, petugas menemukan bakso mengandung boraks yang dijual di pusat jajanan musiman Ramadan tersebut.

Bahan berbahaya itu ditemukan berdasarkan hasil uji sampel pada Laboratorium Mobil Keliling yang dibawa saat sidak. Kepala BBPOM Medan Ali Bata Harahap mengatakan, ada sekitar 27 sampel makanan yang pihaknya ambil dan uji.

"Dari sekitar 27 sampel itu, kami menemukan adanya bakso yang mengandung boraks. Bakso ini diambil dari dua orang pedagang yang berjualan di Ramadhan Fair ini," kata Ali di lokasi, Senin (13/6).

Ali mengatakan, pihaknya telah menyita bakso yang mengandung boraks tersebut agar tidak dijual lagi kepada masyarakat. BBPOM Medan pun, lanjutnya, juga akan memberikan peringatan kepada pedagang nakal yang ketahuan tersebut.

Selain itu, Ali mengatakan, pihaknya akan menyurati pengelola Ramadhan Fair agar memberikan sanksi tegas jika pedagang tersebut tetap menjual bakso yang sama nanti. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, BBPOM Medan juga akan mengambil langkah hukum jika pedagang itu masih membandel.

"Tindakan kita, yakni peringatan pertama, kedua dan selanjutnya menempuh jalur hukum," ujarnya.

Menurut Ali, sidak tersebut untuk mencegah masuknya makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya. Sidak, lanjutnya, untuk memberikan jaminan kepada masyarakat terkait makanan yang dijual para pedagang.

Kedatangan petugas BBPOM Medan ini pun sempat membuat para pedagang di Ramadhan Fair terkejut. Namun, setelah mendapatkan penjelasan dari petugas, mereka kemudian rela menyerahkan barang dagangan mereka untuk diperiksa.

Alu mengatakan, sidak serupa akan dilakukan BBPOM di kota-kota lainnya di Sumatra Utara, seperti Lubuk Pakam, Aras Kabum Binjai, Tebing Tinggi, Kampung Pon dan beberapa tempat lainnya yang menjadi pusat penjualan makanan berbuka puasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement