Selasa 31 May 2016 23:28 WIB

Harga Bawang Merah di Pangkalpinang Rp 60 Ribu Per Kilogram

Red: Ilham
Harga Bawang Merah Naik (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Harga Bawang Merah Naik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Harga bawang merah di Pasar Parit Lalang Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung naik hingga mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Harga itu naik dari sebelumnya Rp 44 ribu per kilogram.

Permintaan warga yang terus meningkat menjelang Ramadhan membuat harga melambung. "Semakin tinggi permintaan, maka akan berdampak langsung terhadap tingginya harga bawang, sementara itu stok lebih cepat menipis dan tidak mampu memenuhi permintaan," kata Kabid Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dispeerindagkop Pangkalpinang, Eka Subehi, Selasa (31/5).

Sedangkan di Pasar Jalan Irian naik menjadi Rp 50 ribu dari sebelumnya Rp 49 ribuper kilogram. Sementara itu, harga bawang putih di Pasar Parit Lalang naik menjadi Rp 51 ribu dari sebelumnya Rp 35 ribu per kilogram. Di Pasar Jalan Irian bertahan tinggi Rp 41 ribu per kilogram.

Menurut dia, permintaan di pasar itu meningkat drastis dan stok tidak bisa memenuhinya sehingga memicu kenaikan harga yang cukup tinggi. "Saya harap pasokan bawang dapat ditingkatkan agar tidak terjadi lagi pelonjakan harga yang membuat perekonomian warga semakin melemah," ujarnya.

Menurut dia, menjelang Ramadhan warga mulai menyiapkan segala sesuatu kebutuhan dapurnya agar nanti tidak repot saat menghadapi sahur selama Ramadhan. "Kami tetap mengawasi gejolak harga yang sedang terjadi, mekipun harga cukup tinggi, namun itu masih dalam batas kewajaran dan harga bawang masih berdasarkan mekanisme pasar," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement