Selasa 31 May 2016 23:06 WIB

Buku Kuliner Gorontalo Raih Penghargaan Internasional

Red: Ilham
Kuliner (ilustrasi)
Foto: VOA
Kuliner (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buku berjudul Trailing the Taste of Gorontalo yang diterbitkan oleh Omar Niode Foundation meraih penghargaan Best in the World-Gourmand World Cookbook Award 2016 untuk kategori Asian Cuisine from Asian Books.

Ketua Omar Niode Foundation yang juga merupakan Ambassador dari World Food Travel Association di Indonesia, Amanda Katili Niode mengatakan, sebuah kebanggaan karena dengan penghargaan ini wisata kuliner Gorontalo dihargai di tingkat dunia. "Gorontalo adalah daerah yang memiliki pemandangan alam yang permai dengan ragam kuliner yang segar dan legit, namun belum menjadi destinasi wisata kuliner yang populer," katanya.

Buku ini, menurut dia, merupakan contoh kolaborasi ideal antara berbagai pihak untuk mengangkat kuliner Gorontalo agar dikenal di mancanegara. Sebagai sebuah lembaga nirlaba yang terus meningkatkan kepedulian masyarakat dalam bidang pertanian, pangan, dan kuliner, pihaknya berharap dapat terus menjalin sinergi dengan berbagai pihak guna terus melacak dan menelaah kuliner Gorontalo serta manfaatnya bagi komunitas lokal.

Trailing the Taste of Gorontalo adalah sebuah buku kecil berbahasa Inggris yang berisi kumpulan tulisan dan rangkaian potret wisata kuliner di Provinsi Gorontalo. Bermula dari catatan pengalaman 16 orang yang mengikuti perjalanan Kelana Rasa Gorontalo yang dipandu Arie Parikesit, buku ini mengupas tentang kelezatan kuliner maupun keindahan daerahnya Gorontalo.

Sebanyak 24 tulisan yang ada, 57 buah foto, sembilan resep masakan, dan 10 testimoni dari tokoh pariwisata dan kuliner. Tulisan dalam buku tersebut mencakup antara lain makanan tradisional Gorontalo, surga selam di Teluk Tomini, Pulau Saronde yang menakjubkan, serba-serbi pasar tradisional Gorontalo, blusukan di pasar ikan, dan mencoba street food.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement