Kamis 19 May 2016 13:00 WIB

Competitive Advantage dan Menumbuhkan Cinta Produk Indonesia

Red: M Akbar
Dea Dara
Foto:

Masyarakat Indonesia harus memiliki rasa cinta terhadap produk dalam negeri dan juga memiliki kepercayaan akan kualitas produk tersebut. Lebih lanjut lagi, beberapa upaya yang dapat dilakukan produsen dan pemerintah untuk mendukung produk-produk dalam negeri agar dapat bersaing secara global adalah:

a. Produsen harus mampu menciptakan produk yang berkualitas dan teruji sehingga menimbulkan kepuasan dan loyalitas terhadap produk tersebut.

b. Penanaman modal untuk pengembangan dan penelitian (research and development) produk untuk menemukan dan meningkatkan competitive advantage dari produk tersebut.

c. Pemerintah harus memberikan dukungan penuh dalam hal ini. Langkah awal yang sebaiknya dilakukan adalah membatasi jumlah produk impor.

d. Pemerintah juga harus memberikan ruang dan dukungan terhadap perusahaan start-up yang mulai banyak bermunculan di negeri ini.

Dengan memberikan dukungan terhadap produk dalam negeri, kita sudah menunjukkan suatu sikap sederhana, namun memberikan dampak yang besar dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

Para pemuda adalah harapan masa depan dan penerus bangsa yang dituntut untuk memiliki semangat agar terus berpartisipasi dan berkontribusi dalam semua kegiatan positif terkait dengan cita-cita bangsanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement