Ahad 15 May 2016 05:03 WIB

Mendarat di Bali, Drone Elang Nusa Rekam Keindahan Indonesia

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
ekspedisi langit nusantara
Foto: muthia ramadhani / republika
ekspedisi langit nusantara

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Indonesia melalui operator telekomunikasi terbesar, PT Telkomsel melakukan Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) 14 April-14 Mei 2016. Ekspedisi dengan misi merekam keindahan alam Indonesia lewat udara menggunakan pesawat tanpa awak (drone) ini akhirnya mencapai titik akhirnya di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Sabtu (14/5).

Drone yang menempuh jalur barat, Elang Barat lepas landas satu bulan lalu dari Sabang, sementara drone yang menempuh jalur timur, Elang Timur memulai perjalanannya dari Merauke. Keduanya bertemu di titik tengah, Bali sebagai salah satu ikon pariwisata Indonesia yang mendunia.

Vice President Marketing Communication Telkomsel, Nirwan Lesmana mengatakan rekaman video streaming-nya ditonton lebih dari 24 juta kali dengan total 74 juta menit. Kecepatan rata-rata akses data Elang Nusa tercatat baik, yaitu 19,7 Mbps untuk mengunduh (download) dan 9,6 Mbps untuk mengunggah (upload).

“Ekspedisi ini sengaja dikemas dalam bentuk wisata yang didukung teknologi. Masih banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Indonesia,” katanya, Sabtu (14/5).

Vice President Prepaid and Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani menambahkan Elang Nusa mengintegrasikan dukungan teknologi digital untuk sektor pariwisata nasional. Video-video yang dihasilkan menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia memiliki keindahan luar biasa.

“Penonton (viewer) yang menikmati video ini bukan hanya dari Indonesia, melainkan juga luar negeri,” katanya.

Secara tidak langsung, kata Ririn ekspedisi Elang Nusa juga menginspirasi pelaku usaha bidang pariwisata bahwa banyak cara baru yang lebih populer dalam memasarkan bisnis industri pariwisata, yaitu menggunakan teknologi digital. Gadget pelanggan tak hanya berfungsi untuk komunikasi chatting, browsing, telepon, tapi juga menyaksikan potensi pariwisata nusantara dalam bentuk video streaming.

Hasil rekaman video Elang Nusa bisa disaksikan di laman www.telkomsel.com/elangnusa. Elang Barat dan Elang Timur mengabadikan keindahan bumi nusantara sejauh 8.500 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement