Rabu 11 May 2016 21:38 WIB

Jokowi Optimistis Terminal 3 Ultimate Beroperasi Sebelum Lebaran

Rep: c35/ Red: Taufik Rachman
Jokowi
Foto: antara
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID,  TANGERANG -- Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi memantau perkembangan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada Rabu sore (11/5) tadi.

Setelah melihat perkembangan pembangunannya, Presiden Jokowi optimistis Terminal 3 Ultimate itu akan siap dioperasikan sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba.

"Kalau dilihat perkembangannya, sebelum lebaran, saya kira Insya Allah akan siap," kata Jokowi di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soetta, Tangerang, Rabu (11/5).

Presiden Jokowi meyakini dari sisi kapasitas bandara Soetta sangat kurang. Menurutnya setelah pembangunan Terminal 3 Ultimate tersebut selesai maka sudah harus direncanakan untuk membangun terminal berikutnya, yaitu Terminal 4.

Dengan pertumbuahn ekonomi seperti ini, kalau tidak didahului untuk membangun terminal lagi maka dikhawatirkan akan kurang lagi. Presiden Jokowi juga mengingatkan yang penting runway-nya ditambah.

Presiden Jokowi memang sedang menggalakkan pembangunan sarana transportasi, khususnya transportasi udara. Seperti halnya di Bandara Silangit yang tidak pernah difungsikan, Presiden Jokowi meminta untuk dibangun kembali. Dia menargetkan pada Oktober mendatang sudah harus selesai pembangunannya.

Menurut dia dengan membangun semua sarana transportasi terlebih yang berhubungan dengan destinasi wisata maka akan efektif terhadap perekonomian. Terlebih runway di masing-masing bandara juga harus segera diperpanjang. Pembangunan-pembangunan tersebut menurut Presiden Jokowi harus segera dilakukan dengan komitmen optimis.

"Karena semua ini hanya masalah kepercayaan. Target saya kira tidak akan kita ubah, dengan fasilitas runway, terutama yang berhubungan dengan destinasi wisata," tuturnya.

Presiden Jokowi juga menyadari selalu ada permasalahan yang memperlambat pembangunan, yaitu soal pembebasan lahan.

Selain itu Presiden Jokowi juga membahas rencana disambungkannya transportasi dari bandara ke pusat kota Jakarta melalui kereta api cepat bandara. Dia menargetkan pada 2017 mendatang kereta api ke bandara tersebut sudah siap dioperasikan.

Presiden Jokowi juga merencanakan pembangunan angkutan massal lainnya. Hal itu karena menurutnya berkesinambungan dengan pembangunan sebuah kota. Saat ini rencana pembangunan tersebut masih dalam kalkulasi dan perhitungan, termasuk di daerah-daerah seperti di Palembang yang juga akan disambungkan Light Rail Transit (LRT) dari bandara ke kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement