Senin 09 May 2016 16:44 WIB

PB HMI Tetap Ingin Penjarakan Saut Situmorang

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang melakukan konferensi pers permintaan maaf di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/5).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang melakukan konferensi pers permintaan maaf di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang telah meminta maaf kepada Pengurus Besar HMI (PB HMI) dan Korps Alumni HMI (KAHMI) terkait pernyataannya dalam acara di salah satu televisi swasta, Kamis (5/5/2016). Saut meminta tidak ada buntut berkepanjangan atas pernyataan yang diakuinya menyudutkan organisasi HMI.

"Saya mohon maaf atas pernyataan saya. Sekali lagi, saya mohon maaf atas pernyataan saya," kata Saut saat jumpa pers di gedung KPK, Jakarta Senin (9/5).

Terkait adanya permintaan maaf dari pimpinan KPK tersebut, PB HMI mengaku tetap mengawal proses hukum dan telah melaporkan Saut Situmorang ke Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan nomor laporan LP/480/V/2016/Bareskim.

"Hari ini juga seluruh kader HMI sudah melaporkan Saut di kepolisian daerah masing-masing, ada sekitar 200 laporan yang sudah terkonfirmasi di PB HMI," kata Ketua PB HMI Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Firdaus Djalal dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/5).

Ini dilakukan, kata dia, karena melihat semangat kader HMI seluruh Indonesia dan menjadi sebuah keharusan bagi PB HMI untuk mengawal proses hukum. "Dan memenjarakan Saut Situmorang sebagai konsekuensi atas pernyataannya yang merugikan keluarga besar HMI," ujarnya menambahkan.

PB HMI, kata dia, mengimbau kepada seluruh keluarga besar dan kader HMI se-Indonesia untuk tetap mengawal proses hukum ini sebagai bentuk komitmen dan keseriusan kita untuk memenjarakan Saut Situmorang. Ia memastikan, langkah ini bukan upaya untuk melemahkan KPK, melainkan untuk meningkatkan kredibilitas dan kapabilitas pimpinan KPK.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement