Senin 09 May 2016 15:10 WIB

Luhut akan Verifikasi Kuburan Massal Korban 1965 di Pati dan Wonosobo

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Achmad Syalaby
  Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan.
Foto: Antara/Resno Esnir
Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pihaknya akan memverifikasi sejumlah titik kuburan massal yang dilaporkan YPKP. Di antaranya di Pati dan Wonosobo, Jawa Tengah.

Luhut mengaku sudah menerima data dari YPKP terkait titik kuburan masal korban 1965. Dari data itu, Luhut mengatakan akan melihat beberapa kuburan masal yang ada di Pati dan Wonosobo. “Ya itu kita nanti mau siapin tim untuk melihat beberapa kuburan yg dilaporkan di daerah Pati dan Wonosobo,” ujar Luhut, Senin (9/5).

Selain itu, Luhut juga akan menjamin keamanan dan keberlangsungan hidup para keluarga dari korban 65. Nantinya tim tersebut bukan hanya untuk memverifikasi titik kuburan masal tetapi juga untuk memastikan keamanan para keluarga korban yang kabarnya mendapatkan intimidasi dari beberapa pihak.

Untuk waktu kunjungan sendiri, Luhut belum bisa memastikan kapan akan ke sana. Karena pekan ini, ia akan bertolak ke Inggris dan menghadiri Munaslub Golkar.

Ia menjanjikan akan mendatangi beberapa titik pada pekan depan usai ia melakukan kunjungan ke Inggris. “Nantilah, segera saya akan ke sana,” ujar Luhut.

PII: Kita Adalah Saksi Sejarah Kejahatan PKI

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement