Kamis 05 May 2016 19:35 WIB

Gogos Terpanjang di Dunia akan Dipamerkan di Makassar

Red: Ilham
Makanan Gogos (ilustrasi)
Foto: Google
Makanan Gogos (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Kota Makassar akan mempersembahkan penganan khusus dari Sulawesi Selatan yakni gogoso atau umumnya disebut gogos yang terpanjang di dunia. Gogos dipersembahkan pada acara Makassar City Expo 2016 pada 8-11 Mei 2016.

"Insya Allah, gogos terpanjang di dunia akan kita buat dan nanti dihadirkan pada puncak acara MC Expo 2016," ujar Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis (5/5).

Dia mengatakan, gogos yang pada umumnya hanya berukuran sekitar 10-15 sentimeter itu akan dibuat sebesar dan sepanjang mungkin, yakni sekitar 300 meter.

Menurut wali kota, ide membuat gogos terpanjang di dunia ini bertujuan untuk menegaskan bahwa Makassar adalah kota kuliner nomor satu di Indonesia. "Karena gogos adalah salah satu penganan rakyat yang sangat khas dan sejak dulu akrab dengan warga kita, ini akan kita buat dengan lebih berbeda," katanya.

Diketahui, untuk warga kota Makassar atau Sulawesi Selatan pada umumnya, gogos kerap disajikan pada saat lebaran bersama ketupat dan juga penganan-penganan lainnya. Pada hari biasa, gogos kerap ditemukan di kawasan Pantai Losari atau di pinggir-pinggir jalan kota Makassar. Biasanya dijajakan oleh pedagang asongan bersama telur asin dan juga kacang rebus.

Gogos berbentuk silinder panjang, dengan isi beras ketan yang dipanggang diatas bara api, dibungkus dengan daun pisang menyerupai lemper. Belakangan, untuk menambah kelezatannya, gogos kerap ditambah dengan ikan tuna yang diisi di dalamnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Muhammad Ismounandar yang menjadi pelaksana MC Expo 2016 sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pada puncak peringatan dua tahun kepemimpinan Danny-Ichal (DIA).

"Tim sedang mempersiapkan seluruh kebutuhan, termasuk bahan-bahan dan juga wadahnya. Pak wali sudah merancang sebuah meja sepanjang 300 meter di salah satu sisi di pelataran City of Makassar. Nantinya, gogos yang sangat panjang ini akan diletakkan di atasnya. Meja panjang ini sekaligus juga untuk mengembalikan memori kita tentang Pantai Losari di zaman dulu yang terkenal sebagai meja terpanjang di dunia," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement