Jumat 29 Apr 2016 17:38 WIB

PT KAI Buka Penjualan Tiket Kereta Tambahan Lebaran

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Bayu Hermawan
Calon penumpang membeli tiket Kereta Api di Stasiun Pasar Senen
Calon penumpang membeli tiket Kereta Api di Stasiun Pasar Senen

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Masyarakat yang tidak kebagian tiket KA untuk mudik Lebaran mendatang, masih mendapat kesempatan untuk mendapatkan tiket KA. Seperti dijanjikan sebelumnya, PT KAI mulai membuka penjualan tiket untuk KA Tambahan Lebaran mulai Sabtu (30/4 pukul 00.00 ini.

''Masyarakat bisa melakukan pembelian tiket KA Tambahan Lebaran melalui gerai-gerai eksternal seperti biasanya. Bisa melalui Contact Center 121, situs kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, mini market , Kantor Pos, Pegadaian, agen tiket KA,dan berbagai channel resmi lainnya,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono, Jumat (29/4).

Ia menjelaskan, untuk musim angkutan Lebaran 2016 ini, khusus untuk lintas selatan PT KAI akan mengoperasikan 11 rangkaian KA Tambahan Lebaran. Dari jumlah tersebut, 8 KA melayani jurusan rute Jakarta, sedangkan 3 KA lainnya melayani rute Bandung.

Untuk KA Tambahan Lebaran jurusan Jakarta, KA Tambahan Lebaran yang dioperasikan antara lain KA Argo Lawu Tambahan dan KA Argo Dwipangga Tambahan jurusan Solo-Gambir, KA Taksaka Malam Lebaran KA Taksaka Pagi Lebaran jurursan Gambir-Yogya, KA Gajayana Lebaran jurusan Gambir-Malang, KA Purwojaya Lebaran jurusan Pasarsenen-Cilacap, KA Kutojaya Utara Lebaran dan KA Kutojaya Utara Tambahan jurusan Pasarsenen-Kutoarjo.

Sedangkan KA Tambahan Lebaran jurusan Bandung, terdiri dari KA Lodaya Lebaran jurusan Bandung- Solo, KA Pasundan Lebaran jurusan Kiaracondong-Surabaya Gubeng dan KA Kutojaya Selatan Lebaran jurursan Kutoarjo-Kiaracondong.

''Dengan dioperasikannnya 11 KA Tambahan Lebaran tersebut, maka akan tersedia 11.728 tiket tambahan per hari. Sebanyak 8.028 tiket melayani rute Jakarta, dan sisanya 3.700 tiket melayani rute Bandung,'' jelasnya lagi.

Surono juga menyebutkan, pada masa angkutan Lebaran tahun ini, PT KAI juga menyediakan program 'Promo Mudik Lebaran 2016'. Total diket yang disediakan untuk program ini sebanyak 14.088 lembar.

''Program promo mudik lebaran ini berlaku untuk pembelian tiket sejak 30 April hingga 17 Juli 2016, untuk masa keberangkatan tanggal 26 Juni hingga 17 Juli 2016,'' katanya.

Tarif promo tersebut, berlaku pada KA eksekutif, bisnis, dan ekonomi komersial. Untuk kelas eksekutif terdiri dari KA Gajayana, Bima, Turangga, Malabar, dan Argo Wilis dengan harga tiket Rp 200.000, KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, Purwojaya, Sawunggalih, Mutiara Selatan dan Lodaya dengan harga tiket Rp 150.000.

Sedangkan untuk kelas bisnis, terdiri dari KA Purwojaya, Lodaya, Senja Utama Solo, Senja Utama Yogya, Fajar Utama Yogya dan Sawunggalih dengan harga tiket  Rp 100.000. Sedangkan tarif promo kelas ekonomi komersial, antara lain untuk KA Bogowonto, Jakatingkir, dan Gajahwong sebesar Rp 75.000, dan KA Krakatau sebesar Rp.100.000.

Sama seperti tiket reguler, Surono menyebutkan, tiket promo lebaran ini bisa dibeli di berbagai tempat penjualan tiket eksternal.

''Hanya perlu diingat, tiket promo ini tidak bisa ditunda/ diganti atau dibatalkan,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement