Rabu 27 Apr 2016 14:54 WIB

Menteri Yohana Serukan Gerakan Laki-Laki untuk Perempuan

Rep: C36/ Red: Ilham
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise mengatakan, laki-laki perlu mendukung peran perempuan di sektor publik. Dukungan itu diwujudkan dalam gerakan He For She (yang secara harfiah berarti laki-laki untuk perempuan) yang diresmikan pada 1 Januari lalu.

"Pemerintah punya gerakan He For She. Gerakan ini mengajak para laki-laki untuk mendukung perempuan bekerja secara setara dengan mereka di bidang publik," kata Yohana kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (27/4).

Melalui gerakan ini, pihaknya meminta laki-laki membuka komitmen untuk mendukung peran perempuan secara umum. Gerakan ini nantinya akan diperluas oleh kepala daerah, akademisi, dan perusahaan.

"Beberapa perusahaan sudah minta kami datang untuk memberikan arahan. Kami dukung gerakan ini dibudayakan di perusahaan sebagai langkah awal agar laki-laki dan perempuan dapat bekerja berdampingan," lanjut Yohana.

Dia menambahkan, tingkat indeks kesetaraan gender di Indonesia masih sangat kurang jika dibandingkan negara lain. Dari 34 provinsi, baru ada tiga provinsi yang mengalami kenaikan indeks kesetaraan gender. Ketiganya yakni Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Sulawesi Utara, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement