Selasa 26 Apr 2016 15:28 WIB

ICW Minta Pemerintah Gerak Cepat Selidiki Pejabat di Panama Papers

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Bilal Ramadhan
Dokumen Panama Papers.
Foto: confidencial
Dokumen Panama Papers.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Koordinator Badan Pekerja ICW, Agus Sunaryanto meminta pemerintah bergerak cepat untuk menselidiki semua nama-nama pejabat dan konglomerat yang masuk dalam Panama Papers.

Agus menilai, pemerintah harus sudah bisa memetakan sampai sejauh mana keterlibatan nama-nama pejabat Indonesia dalam perusahaan cangkang tersebut. Ia meminta agar kasus ini jangan cuman jadi wacana saja, tetapi harus jelas.

"Nama-nama yang sudah disebutkan baik itu Luhut atau siapapun menurut saya pemerintah harus bisa bertindak cepat melakukan penyelidikan sejauh mana keterlibatan orang-orang itu ke perusahaan cangkang yg dimiliki di negara tax haven," ujar Agus di BPK, Selasa (26/5).

Ia meminta stakeholder yang terkait baik itu KPK, BPK, PPATK bahkan Dirjen Pajak segera melakukan sinergi untuk menelusuri nama-nama pejabat tersebut. Ia melihat saat ini pengalihan isu yang berkembang adalah nama-nama yang ada di perusahaan cangkang belum tentu bersalah.

"Saya khawatir ada pengalihan isu ke arah itu. kalau ada upaya kode etik terlebih dahulu ya dijalankan saja. terutama terkait posisi orang yang strategis di perintahan, entah itu sebagai menteri atau anggota DPR," ujar Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement