Senin 25 Apr 2016 08:35 WIB

Wapres JK Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-20 di Kulon Progo

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Jusuf Kalla
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO-- Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla dijadwalkan hadir dan memberikan pengarahan dalam peringatan hari Otonomi Daerah (Otda) tingkat nasional ke XX tahun 2016 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (25/4). JK juga akan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah terbaik berdasarkan evaluasi kinerja.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Sumarsono mengatakan, peringatan Otda hari ini merupakan kali pertama digelar di daerah. Karena sebelumnya, peringatan hari otonomi daerah digelar di Istana Negara, Jakarta.

"Biasanya di Jakarta. Tapi tahun ini digelar di daerah sesuai dengan semangat otonomi daerah," ujar Sumarsono.

Pria yang akrab disapa Soni mengatakan, pemilihan Kulon Progo sebagai lokasi puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XX, juga setelah diseleksi terlebih dahulu. Adapun tema peringatan hari Otda tahun ini sendiri adalah "Memantapkan Otda Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)".

Tak berbeda dari peringatan Otda biasanya, Pemerintah akan menganugerahkan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha yaitu penghargaan tertinggi dalam bidang pemeritahan kepada pemerintah daerah yang selama 3 tahun berturut-turut bersatus kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Selain itu, diberikan juga penghargaan Satyalancana Karyabhakti Praja Nugraha kepada 3 provinsi, 10 kabupaten dan 10 kota yang bersatus kinerja terbaik berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) yang rencananya diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden.

Adapun kata Sumarsono, momentum hari Otd ini juga digunakan sebagai refleksi otonomi daerah, sekaligus dimaknai sebagai sarana reorientasi diri, koreksi diri, bagi penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang bersih, efisien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement