Kamis 21 Apr 2016 10:41 WIB

Ini Cara Kartini Berjuang Melalui Surat-suratnya

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Citra Listya Rini
RA KArtini
Foto: .
RA KArtini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI Ledia Hanifa mengatakan, Kartini melawan kesewenangan kebijakan yang terjadi pada zamannya, melalui tulisan. Yakni  melalui surat-suratnya yang dikirim kepada para sahabatnya di Eropa.

"Ada dua cara dalam melakukan perubahan sosial yaitu melalui kebijakan publik dan pembangunan masyarakat. Kartini menulis untuk mengubah kebijakan karena waktu itu hanya dengan cara itu ia bisa melawan," katanya, Kamis, (21/4).

Selain berjuang lewat tulisan, kata Ledia, Kartini juga dikenal sebagai pendiri sekolah perempuan, pemberdaya ekonomi perempuan, dan  pemberdaya pengrajin ukir Jepara.

"Kartini ingin membangun kematangan pematangan bagi perempuan yang akan membangun peradaban. Perempuan mandiri bukan untuk lepas dari keluarga, tapi lepas dari ketergantungan dari penjajah," ujar Ledia.

Ia berharap inspirasi Kartini tidak hanya dipahami sebagai bagian perjuangan perempuan. Namun Kartini juga memperjuangkan hal-hal yang mendasar yang sepatutnya dimiliki bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement