Ahad 03 Apr 2016 18:46 WIB

Kemenag akan Awasi UN MA dengan Ketat

Rep: Retno Wulandari/ Red: Winda Destiana Putri
Ujian Nasional
Foto: ISTOCK PHOTO
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan memastikan kesiapan Ujian Nasional Madrasah Aliyah (UN MA) sudah maksimal. UN MA rencananya akan diadakan serentak di seluruh Indonesia mulai Senin (4/4) mendatang.

"Kesiapan insya allah sudah maksimal," ungkap Nur Kholis kepada Republika, Ahad (3/4).

Bahkan sampai hari ini, kata Nur Kholis, tidak ada laporan kendala distribusi soal berbasis kertas. Hal tersebut, jelasnya, lantaran kerjasama dan koordinasi terjalin sangat baik antara kabid pendidikan madrasah provinsi, kanwil kemenag, dengan dinas pendidikan provinsi.

Nur Kholis mengatakan pihaknya juga berupaya menekan potensi kecurangan semininal mungkin dengan kegiatan pengawasan yang ketat pada saat UN berlangsung. Sementara, bagi MA dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan mudah diawasi karena sistem yang bisa dikendalikan dengan optimal.

Selain itu, motto yang diusung oleh Kementerian Agama untuk UN kali ini "Prestasi Penting, Jujur Harus"  menekankan arti pentingnya kejujuran dan integritas, sebagai salah satu pilar indikator revolusi mental melalui pendidikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement