Sabtu 26 Mar 2016 21:27 WIB

Ratusan Ribu Wisatawan Tumpah di Kawasan Laut Selatan

Pantai Palabuhanratu
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Pantai Palabuhanratu

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Diperkirakan ratusan ribu wisatawan dari berbagai daerah memadati objek wisata laut selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mulai dari Pantai Ujung Genteng/Pangumbahan hingga Pantai Cibangban.

"Peningkatan jumlah pengunjung ke objek wisata laut ini terhitung mulai Jumat, (25/3) yang jumlahnya sekitar 200 ribu orang dan untuk hari ini atau Sabtu, (26/3) ada penurunan sekitar 20 persen," kata Sekretaris Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, Yanyan Nuryanto di Sukabumi, Sabtu (26/3).

Menurut dia, mayoritas wisatawan berasal dari Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi serta ada juga yang dari Cianjur dan Bandung. Namun untuk wisatawan dari dalam Sukabumi relatif sedikit.

(Baca: Hotel di Kawasan Puncak Terpaksa Menolak Tamu)

Jika dibandingkan dengan jumlah wisatawan pada beberapa tahun terakhir ada penurunan jumlahnya saat libur panjang akhir pekan ini yang salah satu penyebabnya adalah kemacetan di jalur menuju objek wisata ini. Namun diprediksi, pada Ahad (27/3) jumlah wisatawan akan bertambah karena akan diselenggarakan kegiatan di objek wisata Geopark di wilayah Kecamatan Ciemas sehingga bisa menyedot arus wisatawan untuk datang ke Kabupaten Sukabumi.

Bahkan, dengan adanya objek wisata alam baru itu, kunjungan wisatawan mancanegara bertambah, tapi untuk datanya belum dimiliki pihaknya. "Untuk mengamankan wisatawan yang tengah berwisata di laut baik berenang atau hanya bermain pasir, kami menurunkan sekitar 80 personel yang juga dibantu petugas keselamatan laut lainnya baik dari TNI AL, Polairud Polres Sukabumi, SARDA, Basarnas dan relawan," tambahnya.

Yanyan mengatakan hingga kini tidak ada laporan adanya wisatawan yang menjadi korban jiwa seperti tenggelam. Kondisi arus wisatawan pun relatif lancar. Tetapi, ia memperketat keamanan karena saat sore hari objek wisata laut ini kerap turun hujan deras.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Muhamad Abdul Barr mengatakan dirinya sengaja datang ke wilayah Citepus, Kecamatan Palabuhanratu bersama keluarganya untuk memanfaatkan libur panjang akhir pekan. Awalnya ia memilih berwisata ke wilayah Puncak, Bogor, namun karena terjadi kemacetan panjang sehingga keluarganya memilih untuk ke Sukabumi.

"Saya dan keluarga sudah beberapa kali ke Pelabuhanratu untuk berlibur dan objek wisata ini selalu menjadi pilihan karena tidak ada tiket masuk, tapi hanya membayar parkir saja. Rencananya, kami pulang pada Ahad," katanya.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement