Ahad 13 Mar 2016 21:15 WIB

Puncak HUT, Garda Bangsa Kampanyekan Diet Kantong Plastik

Kampanye Diet Kantong Plastik Garda Bangsa
Foto: dok pri
Kampanye Diet Kantong Plastik Garda Bangsa

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Garda Bangsa mengampanyekan 'diet' kantong kresek (kantong plastik) dalam Puncak peringatan hari lahir (harlah) Garda Bangsa ke-17.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Glora Bung Karno (GBK) Jakarta, Ahad (13/3) itu,  Garda Bangsa mengerahkan Garda Cantiq untuk membagi-bagikan tas kain berwarna hijau kepada setiap insan yang memadati acara tersebut.

Menurut Ketua Umum (Ketum) Dewan Koordinasi Nasional (DKN) Garda Bangsa, H Cucun A Syamsurijal, kampanye diet kantong plastik dilakukan karena Garda Bangsa miris melihat ranking Indonesia dalam penggunaan kantong plastik.

Padahal, semua orang di negeri ini sudah paham kalau kantong plastik sulit untuk didaur ulang oleh bakteri-bakteri alam. Yang artinya berbahaya untuk kehidupan generasi Indonesia di masa mendatang.

Pihaknya ingin mengajak seluruh insan di Indonesia untuk diet penggunaan kantong plastik, dan beralih menggunakan kantong dari kain yang bisa digunakan berulang-ulang kali. “Apalagi kita berada di ranking kedua pengguna kantong plastik di dunia," katanya.  

Kang Cucun panggilan akrab H Cucun A Syamsurijal berkata, data terbaru yang didapatnya soal kantong plastik menyebutkan bahwa 80 persen sampat di laut berasal dari daratan, dan 90 persen diantaranya adalah sampah plastik.

Bahkan, menurut aktivis lingkungan, setiap tahun jutaan biota laut mati, seperti penyu, ikan, burung dan lain sebagainya karena terjerat atau menelan plastik. “Kondisi seperti ini jangan kita biarkan," katanya.

Selain itu, Kang Cucun mengajak seluruh generasi muda Indonesia untuk lebih kreatif, inovatif dan produktif agar mampu bersaing dengan tenaga-tenaga asing yang masuk ke Indonesia.

Untuk itu, lanjutnya, Garda Bangsa memfasilitasinya dengan membuat beberapa sayap Garda, yakni Garda Hijau, Garda Cantiq, Garda Gaul, Garda Agan, Garda Media, Garda Cerdas, Garda Bumi dan Garda Pecinta Alam. “Garda Bangsa sekarang miliknya anak muda," ujarnya.  

Acara puncak peringatan Harlah Garda Bangsa ke-17 tersebut penuh kegembiraan. Disamping kampanye, Garada Bangsa juga menyuguhkan lari maraton bersama atlet nasional, pertandingan sepak bola bersama legenda sepakbola Indonesia dan BMX Competition.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketum Pembina Nasional Garda Bangsa H Abdul Muhaimin Iskandar dan para pebina lainnya seperti H Abdul Kadir Karding (Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa), H Imam Nahrowi (Menteri Pemuda dan Olahraga), dan Moh Hanif Dhakiri (Menteri Ketenagakerjaan).

Tampak pula, Muhammad Nasir (Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi), Ketum Perempuan Bangsa Siti Masrifah dan beberapa artis anggota Garda yakni Tommy Kurniawan, Ressa Herlambang, dan Sandy 'Midun' ‎

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement