Sabtu 12 Mar 2016 16:38 WIB

Bupati Banyuwangi Bantah Pernyataan Ahok Soal Mahar Partai

Red: Ilham
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.
Foto: Prayogi/Republika
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas yang diusung PDI Perjuangan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015, merasa tak pernah mengeluarkan uang untuk mahar politik dengan partai pengusung. Bahkan, dirinya malah dibantu oleh partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut.

"Pengalaman saya mengikuti dua kali Pilkada pada 2010 dan 2015 yang diusung oleh PDIP, sama sekali tidak ada mahar atau uang yang harus dibayarkan ke partai. Secara resmi maupun tidak resmi, dua kali ikut pilkada ini saya tidak pernah dimintai mahar oleh PDIP," kata Anas dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (12/3).

Anas mengatakan, hal itu menanggapi pernyataan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku dimintai uang mahar oleh salah satu partai yang berminat mengusung gubernur DKI. Sebelumnya, Ahok memutuskan maju lewat jalur perseorangan atau independen karena mengaku dimintai mahar yang kisarannya Rp 100 miliar hingga Rp 200 miliar. Sementara, PDIP adalah partai yang mendukung Ahok setelah keluar Gerindra.

Namun, mantan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menegaskan, berdasarkan pengalamannya dua kali ikut pilkada, justru malah dibantu penuh oleh PDIP. Ia mencontohkan saat harus membiayai saksi-saksi, ternyata dirinya tak mengeluarkan uang karena PDIP secara total mengerahkan kader-kadernya sebagai saksi di tingkat pemungutan suara (TPS) hingga rekapitulasi di KPU.

"Ini saya alami betul dan pasti di alami oleh kandidat lain," jelasnya. (Baca juga: Partai Diminta Hati-Hati Menyerang Ahok, Ini Alasannya).

Anas menambahkan, PDIP juga menggembleng kader-kadernya secara mandiri sebagai saksi, bahkan dirinya sempat melihat langsung pelatihan mandiri bagi saksi-saksi PDIP di Pilkada Banyuwangi. Oleh karen itu, dirinya menegaskan bahwa biayanya memenangi Pilkada Banyuwangi murah karena tidak keluar uang mahar dan biaya saksi.

"Saya hanya diminta mengunjungi pelatihan itu untuk menyampaikan visi-misi dan program kerja. Ini sangat membantu mewujudkan politik biaya murah, karena salah satu komponen paling mahal dalam pilkada adalah untuk para saksi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement