Jumat 11 Mar 2016 17:15 WIB

Bus Transjakarta Asal Swedia Segera Didatangkan

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Foto: JAk TV
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk segera memesan unit-unit bus bermerek Scania asal Swedia untuk menambah armada bus Transjakarta.

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat menerima kunjungan dari CEO Scania Henrik Henrikksoon di Balai Kota DKI. Dalam kesempatan itu, pihak Scania juga memperlihatkan satu unit bus buatannya kepada Basuki.

"Bus-bus yang bermerek Scania ini lah yang saya yakin nantinya akan menggantikan seluruh sistem transportasi bus di wilayah ibukota," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (11/3).

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, ada banyak keuntungan dari bus Scania yang ditawarkan. Salah satu keuntungan itu, yakni ukuran bus yang lebih besar dari bus tunggal yang ada saat ini.

"Ada banyak keuntungannya, salah satunya, yaitu ukuran bus yang lebih besar dari bus yang dioperasikan sekarang ini. Kami akan segera memesan bus tersebut. Diperkirakan, dalam jangka waktu 6 hingga 7 bulan kedepan bus sudah bisa dikirim," ujar Basuki.

Nantinya, dia menuturkan bus-bus yang dipesan itu tidak hanya digunakan untuk Transjakarta saja, tetapi juga untuk menggantikan transportasi bus sedang, seperti Metromini, Kopaja, dan Kopami.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, CEO Scania Henrik Henrikssoon mengungkapkan bus-bus yang ditawarkan kepada Pemprov DKI Jakarta yakni berjenis Scania Low Entry City Bus.

"Bus yang kami tawarkan itu adalah Scania Low Entry City Bus. Bus tersebut didesain khusus untuk transportasi massal dalam kota. Karoseri bus yang kami tawarkan juga berasal dari dalam negeri," ungkap Henrik. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement