Kamis 10 Mar 2016 00:24 WIB

Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Longsor Hotel di Cianjur

Rep: Amri Amrullah/ Red: Karta Raharja Ucu
Jalur rawan longsor.   (ilustrasi)
Foto: Antara/Ampelsa
Jalur rawan longsor. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama tim SAR Gabungan mengerahkan 400 personel untuk melakukan evakuasi secara manual korban longsor di Hotel Club Bali, Villa Kota Bunga, Cipanas, Cianjur.

Ke-400 personil tim SAR gabungan tersebut berasal dari BNPB, BPBD Kab Cianjur, BPBD Provinsi Jawa Barat, TNI, Polri, PMI, Basarnas, Tagana dan relawan lainnya. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan 400 tim SAR gabungan ini melakukan evakuasi secara manual, dikarenakan lokasi yang sulit dimasuki alat berat.

"Alat berat tidak dapat dikerahkan ke lokasi karena lokasinya sulit dijangkau alat berat sehingga pencarian dengan manual," ujarnya, Rabu (9/3) malam.

Ketiga korban yang hingga kini belum ditemukan diperkirakan masih tertimbun material longsor yang cukup berat. Sebelumnya bencana longsor terjadi di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Rabu sore.

Longsor ini mengakibatkan sebuah hotel di kawasan Villa Kota Bunga hancur dan menimbun tiga orang. Sedangkan delapan orang lain berhasil dievakuasi selamat, hingga Rabu malam, proses evakuasi harus dihentikan karena masih terkendala cuaca dan hujan lebat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement