Jumat 04 Mar 2016 10:39 WIB

Pejabat Pemprov Klaim Jembatan Suhat Masih Kuat 5 Tahun Lagi

Rep: Christiyaningsih/ Red: Achmad Syalaby
Jembatan Soekarno-Hatta di Malang, Jawa Timur, rentan rubuh karena beberapa bagiannya sudah mengalami korosi (karatan).
Foto: Twitter/@puturudy
Jembatan Soekarno-Hatta di Malang, Jawa Timur, rentan rubuh karena beberapa bagiannya sudah mengalami korosi (karatan).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG --  Munculnya gambar jembatan Soekarno Hatta (Suhat) Malang yang melengkung di dunia maya membuat Kepala Seksi Jembatan UPT Pekerjaan Umum Jatim Bina Marga Pemprov Jatim, Cholila, telah turun langsung ke lapangan pada Kamis (3/3) kemarin. Ia menyampaikan bahwa kondisi jembatan saat ini masih aman digunakan hingga lima tahun mendatang.

Cholila bersama timnya memeriksa langsung jembatan Suhat dan mengambil foto menggunakan drone. "Hasil pantauan lewat drone bisa saya pastikan jembatan masih aman digunakan," katanya pada Jumat (4/3).

Cholila menjelaskan di jembatan Suhat memang terjadi lendutan. Namun lendutan tersebut sudah ada sejak pertama kali pemasangan rangka jembatan. Ia menerangkan perawatan harus rutin dilakukan seperti pengecatan jembatan dan pembersihan sampah di saluran air jembatan.

Foto jembatan Suhat beberapa hari terakhir ini menggegerkan warga Kota Malang sejak Rabu (2/3) dengan foto jembatan Sukarno-Hatta (Suhat) yang melengkung. Foto tersebut menunjukkan jembatan Suhat melengkung ke bawah ketika banyak kendaraan yang tengah melintas. Tidak butuh waktu lama, gambar tersebut langsung menjadi viral di media sosial. (Baca: Warga Malang Dihebohkan Foto Jembatan Melengkung).

Pernyataan Cholila ini berseberangan dengan pendapat pakar konstruksi yang juga Ketua Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya (UB) Sugeng Prayitno Budio. Sugeng mengatakan jembatan tersebut sudah tidak mampu menahan beban kendaraan.

Berdasarkan kajian forensik yang ia lakukan bersama para ahli dari UB pada 2013 silam, ditemukan fakta bahwa kondisi lendutan jembatan sudah melebihi ambang batas. Kelendutan yang diizinkan untuk jembatan sepanjang 60 meter tersebut sebesar 6 sentimeter. Namun hasil kajian menemukan bahwa lendutan sudah sebesar 20,8 sentimeter. (Baca: Penyebab Jembatan Suhat Malang Rentan Ambruk).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement