Kamis 03 Mar 2016 13:59 WIB

Fadli Zon: Presiden tak Mampu Atur Kabinetnya

Rep: Agus Raharjo/ Red: Nidia Zuraya
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.
Foto: Republika/Wihdan
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kegaduhan di internal Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai bentuk ketidakmampuan Jokowi mengatur kabinetnya. Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, soal kegaduhan yang ditimbulkan antar menteri, adalah persoalan kepemimpinan Jokowi.

“Ini adalah ketidakmampuan Presiden di dalam me-manage kabinetnya,” ujar Fadli Zon di kompleks parlemen Senayan, Kamis (3/3).

Fadli Zon menilai kejadian silang pendapat antar menteri di publik ini bukan hanya saat ini. Hal ini juga pernah terjadi beberapa waktu lalu. Bahkan, kalau Jokowi tidak memerbaiki pola kepemimpinannya, maka kejadian serupa pasti terjadi di kemudian hari.

Menurutnya, Jokowi harus mulai mengubah pola kepemimpinannya dan segera menyelesaikan persoalan beda pendapat antar menteri hanya di rapat kabinet. Bukan menjadi bahan perdapatan di publik melalui media massa.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini melanjutkan, rapat kabinet yang dipimpin langsung oleh Jokowi harus memutuskan kebijakan. Hasil kebijakan itulah yang akan diimplementasikan oleh seluruh menteri di jajaran Kabinet. Kebijakan menteri tidak bisa melenceng dari apa yang sudah diputuskan dalam rapat kabinet.

“Menteri itukan pelaksana, pembantuya Presiden,” tegas Fadli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement