Ahad 07 Feb 2016 12:02 WIB

Yuddy Minta PNS yang Kena Mutasi Tidak 'Menawar-Nawar'

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi (kanan)
Foto: Republika/Prayogi
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jika ada instansi yang mengalami kekurangan PNS, pemerintah akan melakukan kebijakan mutasi. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, meminta agar tidak menawar-nawar jika PNS dimutasi ke instansi lain.

Terkait dengan seringkali PNS menghindari mutasi, Yuddy mengatakan bahwa PNS berlaku secara nasional yang bisa ditempatkan dimana saja. Mereka tidak boleh menawar-nawar penempatan dan mutasi kerjanya. “Apalagi juga sudah menempati eselon yang lebih tinggi. Mereka harus siap dimutasi ke tempat yang lebih memungkinkan. Kebutuhan profesionalitasnya dibutuhkan oleh pemerintah,” kata Yuddy, Ahad (7/2)

Meski demikian, kata Yuddy, dalam proses mutasi, pemerintah akan memperhatikan pola pengembangan karir, latar belakang, kapabilitas. Sehingga mutasi juga jangan sampai menurunkan kinerja instansi yang menjadi tempat mereka dimutasikan.

Pemerintah dalam waktu dekat akan melakukan audit organisasi dan kepegawaian. Jika terdapat daerah yang masih kekurangan PNS maka akan dilakukan kebijakan mutasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement