Jumat 10 Jun 2016 23:30 WIB

Buntut Banyak Pensiun, PNS DIY tak Sesuai Kompetensi

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Joko Sadewo
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Pegawai Negeri Sipil Pemda DIY dari tahun ke tahun banyak yang pensiun, namun tidak ada penerimaan untuk PNS yang menggantikan PNS yang pensiun. Akibatnya semakin banyak PNS yang tidak sesuai kompetensinya.

‘’Tahun ini saja jumlah PNS di lingkungan Pemda DIY yang pensiun sebanyak 359 orang. Dengan semakin banyak PNS yang pensiun, semakin banyak PNS yang tidak sesuai dengan kompetensi karena beberapa tahun tidak ada rekrutmen  PNS untuk menggantikan yang pensiun,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian DIY Agus Supriyanto baru-baru ini.

Mestinya, lanjut dia, setiap seksi itu maksimal ada tiga sampai lima orang staf. Saat ini hanya ada dua staf dan itu pun belum sesuai kompetensinya.

’’Tahun lalu PNS yang sesuai kompetensi sekitar 60 persen, sekarang dengan semakin bertambahnya PNS yang pensiun, PNS yang sesuai kompetensinya semakin menurun bisa mencapai 40 persen,’’jelas dia.

Karena tidak ada rekrutmen baru untuk PNS, Pemda DIY merekrut tenaga kontrak. Mereka difungsikan mengisi kekosongan staf yang sesuai kompetensi. Adapun anggarannya dari APBD DIY. Dia memberi contoh: instansi di lingkungan Pemda DIY yang sudah merekrut tenaga kontrak antara lain: Dinas Kehutanan, Bapelkes, BLUD Grhasia.

Terkait rencana Pemerintah Pusat merasionalisasi PNS, Agus mengatakan prinsipnya akan mengikuti aturan yang ada. ‘’Hanya yang perlu diperhitungkan apabila akan mempensiunkan dini PNS, apakah keuangan negara ada?’’ tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement