Rabu 03 Feb 2016 23:53 WIB

BNN Bangun Usaha Tahu di Kampung Kubur

logo BNN
logo BNN

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatra Utara mulai membangun usaha keterampilan pembuatan tahu dan tempe di Kampung Kubur yang selama ini merupakan sarang narkoba. Langkah itu dilakukan sebagai upaya pemberdayaan untuk menjauhkan warga dari bahaya narkotika dan mengubah stigma buruk "kampung narkoba" menjadi kampung sejahtera.

"Sehingga tidak ada lagi istilah kampung narkoba, melainkan kampung sejahtera warganya," kata Kabid Pemberdayaan BNN Provinsi Sumut, AKBP Magdalena Sirait kepada wartawan, Rabu (3/2).

Untuk sementara, warga yang dilibatkan berjumlah 15 orang. Namun, jika usaha tersebut berjalan sebagaimana yang diharapkan, pihaknya akan menambah lagi jumlah tersebut, ujar AKBP Magdalena. Dia menyebutkan, seluruh keluarga yang bermukim di kawasan itu, memiliki pekerjaan tetap dan tidak ada lagi niat atau pikiran warga untuk terlibat dalam peredaran narkotika.

Untuk tahap pertama ini sifatnya masih pelatihan saja dan belum berproduksi. Dari pelatihan itu akan dinilai hasil produksi pembuatannya apakah sudah layak dipasarkan atau belum. Hasil produksi keterampilan warga itu akan ditampung dan dibeli oleh Pemerintah Kota Medan. Namun, bila sudah memenuhi syarat untuk dijual, dan pihaknya akan memasarkannya. Magdalena menambahkan, selain mengolah tahu dan tempe, warga sekitar juga akan dibina membuat keranjang buah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement