Sabtu 30 Jan 2016 03:25 WIB

Kabupaten Bogor Sebar Surat Edaran Waspadai Virus Zika

Rep: C32 / Red: Ani Nursalikah
Nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.
Foto: dinsos.jakarta.go.id
Nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Merebaknya kasus demam berdarah dangue (DBD) di Bogor harus diwaspadai masyarakat. Selain DBD, Dinas Kesehatatan (Diskes) Kabupaten Bogor juga mengimbau masyarakat waspada dengan virus zika.

"Sekarang ibu sudah dapat info yang lebih lengkap dan sudah buat surat edaran," kata Kepala Diskes Kabupaten Bogor Camelia Wilayat Sumaryana kepada Republika.co.id, Jumat (29/1).

Ia menambahkan, surat tersebut nantinya akan disebar kepada kecamatan-kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor. Camelia mengungkapkan rencana tersebut mungkin akan disebar pada Senin (1/2).

Selain selebaran, ia juga akan mengimbau masyarakat melakukan langkah-langkah preventif dalam mencegah virus zika. "Pada prinsipnya sama dengan DBD, perilaku hidup bersih dan sehat dengan 3M (menutup, menguras, dan menimbun) serta abitasi," kata Camelia.

Ia juga menyadari betapa penting waspada dengan virus tersebut. Menurutnya virus tersebut berasal dari Afrika dan sudah mewabah di Amerika serta memiliki dampak buruk bagi penderitanya. "Bahayanya kalau kena ibu hamil, bayinya akan cacat," ucap Camelia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement