Rabu 27 Jan 2016 17:47 WIB

Jokowi: Rakyat Harus Cukup Pangan

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas yang dihadiri sejumlah menteri untuk membahas masalah pangan. Presiden menegaskan, pemerintah harus membuat kebijakan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan semua rakyat.

"Saya ingin menekankan bahwa tujuan kebijakan di bidang pangan adalah membuat rakyat cukup pangan," kata Presiden saat membuka rapat, Rabu (27/1).

Ia bahkan sampai mengulang pernyataan itu sampai tiga kali demi memastikan semua menteri paham akan tujuan tersebut.

Selain untuk membuat rakyat cukup pangan, Jokowi melanjutkan, kebijakan di bidang pangan juga harus menurunkan angka kemiskinan serta mensejahterakan petani dan pedagang.

"Jadi yang sejahtera jangan hanya pedagangnya, yang berproduksi juga harus diberikan keuntungan dan kesejahteraan," kata Jokowi.

Presiden menilai, kebijakan pangan yang ada saat ini masih bersifat ego sektoral sehingga harga pangan di Indonesia masih tinggi. Dia menyebut, harga pangan di Tanah Air masih lebih tinggi dibanding negara-negara lainnya seperti Thailand, Vietnam, Filipina dan Kamboja.

Oleh karena itu, dia menegaskan, pemerintah harus merumuskan kebijakan yang memberikan keadilan, baik bagi produsen, pedagang dan konsumen. Dia juga mengingatkan agar menteri membuat kebijakan yang komprehensif.

Misalnya, Kementerian Pertanian jangan hanya membuat kebijakan yang menguntungkan petani. Sebaliknya, Kementerian Perdagangan juga harus ikut memikirkan nasib petani dan konsumen dalam memutuskan kebijakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement