Kamis 07 Jan 2016 08:38 WIB
Suksesi Kraton Pakualaman

Prajurit Plangkir dan Lombok Abang Pakualaman Sambut Tamu Jumenengan

Rep: Yulianingsih/ Red: Muhammad Subarkah
 Janur kuning memenuhi halaman Puro Pakualaman, Yogyakarta Kamis (7/1).
Foto: Republika/Yulia Ningsih
Janur kuning memenuhi halaman Puro Pakualaman, Yogyakarta Kamis (7/1).

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dua bregodo (pasukan) prajurit Plangkir dan Lombong Abang Puro Pakualaman disiapkan di depan Bangsal Sewotomo Puro Pakualaman Yogyakarta  untuk menyambut para tamu undangan jumenengan KGPAA Paku Alam X, Kamis (7/1).

Dua bregodo prajurit Pakualaman ini merupakan kebanggaan Kraton Pakualaman Yogyakarta. Prajurit Plangkr berseragam hitam putih dengan membawa senjata senapan sedangkan bregodo Lombok Abang mengenakan baju merah-merah dengan membawa senjata tombak.

Sebelum mereka disiapkan di depan Bangsal Sewotomo tempat dimana prosesi jumenengan berlangsung, dilakukan upacara adat terlebih dahulu. Upacara pelepasan bregodo ini dipimpin oleh KPH Indro Kusumo yang juga kerabat Paku Alam X.

Upacara adat berupa pemberian sesajen bunga kepada Komandan atau pemimpin pasukan dan penyematan roncean bungan melati pada keris atau pusaka milik komandan kedua bregodo tersebut. "Ini memang sudah tradisi", ujar KPH Indro Kusumo.

Kedua pasukan prajurit ini yang akan berttugas menyambut dan memberikan hormat pada tamu di depan bangsal. Mereka juga memberkan penghormatan saat KPH Suryodilogo akan di jumenengkan sebaga KGPAA Paku Alam X.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement