Sabtu 02 Jan 2016 12:33 WIB

Tol Jagorawi dan Tol Purbaleunyi Terpantau Padat

Rep: C37/ Red: achmad syalaby
 Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di pintu keluar tol Jagorawi menuju kawasan wisata puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/8). (Republika/Raisan Al Farisi)
Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di pintu keluar tol Jagorawi menuju kawasan wisata puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/8). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Puncak arus balik libur akhir tahun berlangsung pada Sabtu (2/1). Beberapa jalan tol terpantau padat hingga siang ini.Humas PT Jasa Marga cabang Tol Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto menjelaskan hingga siang ini, beberapa tol terpantau padat oleh kendaraan, imbas dari arus balik libur.

Pada Tol Jagorawi, Gerbang Tol Cibubur Utama mengalami antrian sejauh ± 500 meter. Sementara di gerbang Tol Ciawi mengalami antrian sejauh ± 2 km."Jadi diberlakukan one way ke arah puncak. Ini dilakukan situasional sampai kondisi lalu lintas lancar kembali," kata Iwan Abrianto via pesan tertulis, Sabtu (2/1).

Sementara untuk Tol Purbaleunyi, kata Iwan, exit gerbang tol Pasteur mengalami antrian sejauh ± 1 km. Menurut Iwan, pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipasi untuk mengatasi penumpukan kendaraan di ruas jalan tol Jakarta - Cikampek. Langkah antisipasi tersebut salah satunya dengan memasang berbagai rambu lalu lintas, khususnya di titik tempat peristirahatan atau rest area. 

"Kalau rest area sudah penuh, pengguna kendaraan dihimbau untuk berhenti di rest area berikutnya. Sehingga tidak bertumpuk di satu tempat," kata Iwan.

Menurut Iwan saat ini kendaraan yang melintas di Tol Jakarta Cikampek sudah mulai padat. "Diperkirakan hari ini hingga esok Januari pada puncak arus balik jumlah kendaraan mencapai 95.352 kendaraan di Tol Cikarang Utama,"kata Iwan.

Selain pemasangan rambu lalu lintas, kata Iwan, pihaknya juga menyiapkan enam orang petugas untuk melakukan jemput kendaraan atau jemput bola. Nantinya, keenam petugas tersebut akan menghampiri kendaraan yang mengantri di pintu masuk arah Jakarta menuju Cikampek, untuk memberikan tiket."Tapi jemput kendaraan itu situasional saja, kalau macet di pintu masuk,"katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement