Kamis 31 Dec 2015 21:40 WIB

Polisi Kota Bandung Patroli Tahun Baru Dengan Kuda

Rep: c26/ Red: Taufik Rachman
Polisi unit satwa Polri melakukan patroli dengan menggunakan kuda di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (24/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Polisi unit satwa Polri melakukan patroli dengan menggunakan kuda di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (24/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Jelang pergantian tahun baru 2016, perayaan Kota Bandung berlangsung meriah. Berbagai komunitas menampilkan pertunjukan di sepanjang Jalan Asia Afrika.

Tak hanya itu, Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung juga menampilkan pertunjukan berbeda. Anggota Polrestabes Unit Satuan Lalu Lintas melakukan patroli dengan menggunakan kuda.

Sontak aksi ini menarik perhatian pengunjung. Tiga kuda diterjunkan untuk membantu mengawas kondisi lokasi perayaan yang salah satunya dinaiki langsung oleh Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung, Komisaris Polisi Santiadjie Kartasasmita

Menurutnya aksi ini menjadi bagian tugasnya berpatroli. Dengan menggunakan kuda bisa menarik perhatian dan jauh lebih leluasa memantau lokasi dari atas kuda.

"Ini sambil patroli. Dari atas sini lebih leluasa melihat situasi sekitar. Sekaligus menarik juga lah," kata Santiadjie kepada Republika, Kamis (31/12) di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat.

Ia menyebutkan tiga kuda yang diturunkan Satlantas Polrestabes Bandung bekerja sama dengan pihak swasta. Khusus disewa untuk berpatroli keliling dalam perayaan pergantian tahun.

Keberadaan kuda tersebut dinilai tidak menganggu kepadatan warga yang tumpah ruah di lokasi. Terlebih di Jalan Asia Afrika sudah disterilkan dari kendaraan bermotor.

"Jalan Asia Afrika sudah disterilkan sejak pukul tujuh malam tadi. Jadi menggunakan kuda tidak akan menganggu," ujarnya.

Warga yang melihat kuda di tengah jalan pun tak ketinggalan mengabadikan momen berfoto. Tiga jam menjelang perayaan tahun baru 2016, kawasan Jalan Asia Afrika yang disulap menjadi ajang Car Free Night tampak ramai. Ribuan warga Kota Bandung berbondong-bondong ingin menyaksikan puncak pergantian tahun bersama keluarga ataupun teman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement