Rabu 30 Dec 2015 21:35 WIB

Kepri tak Maju-maju, BP Batam akan Dibubarkan

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Djibril Muhammad
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan pernyataan pers tentang kebijakan dan agenda prioritas Kemendagri pada tahun 2015 dan 2016 di Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Selasa (6/1).
Foto:
Pelabuhan Batam

Ia melanjutkan, dengan adanya perubahan tersebut maka fokusnya pengelolaan sumber daya di wilayah Batam bisa tertangani dengan baik. Termasuk menarik kembali investor ke Batam.

"Masalah Batam harus segera clear. Kalo FTZ Batam dapat diubah menjadi kawasan ekonomi khusus dengan hak pengelolaannya pada otonomi daerah gubernur, saya kira ini akan bisa clear," kata mantan Anggota DPR tersebut.

Sementara, mantan Penjabat Gubernur Kepulauan Riau Agung Mulyana mengakui terjadi perbedaan pandangan terhadap aturan mengenai FTZ di Kota Batam dalam kewenangan pengelolaan uang dan tanah di Batam.

Padahal kata Agung, dalam aturannya, BP Batam hanya mendapat mandat empat urusan yakni industri, alih kapal, perdagangan, dan pariwisaat.

"Yang lain tidak ada mandatnya, termasuk perbedaan pandangan mengenai hak pengelolaan lahan (HPL), mereka menganggap seluruh pulau HPLnya dipegang BP Batam," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement