Rabu 30 Dec 2015 10:25 WIB

Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Angga Indrawan
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- Presiden Joko Widodo meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, Rabu (30/12). Monumen tersebut adalah tempat diletakkannya kapsul waktu yang berisi harapan dan impian seluruh anak bangsa, dari titik nol kilometer di Kota Sabang, Aceh, sampai Kota Merauke, di ujung timur Indonesia.

"Impian setiap anak bangsa di setiap provinsi kita jadikan satu menjadi impian kita bersama, satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa," kata Presiden saat memberikan sambutan, seperti dituturkan Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana.

Presiden berharap, impian yang telah terangkai menjadi satu tersebut bisa menjadi pemandu arah menuju masa depan Indonesia yang diimpikan seluruh rakyat. Dan Jokowi menilai, Papua adalah tempat yang tepat untuk mengawali upaya mewujudkan impian-impian anak bangsa yang ada dalam kapsul waktu.

"Menjadi tugas kita untuk memastikan impian-impian itu terwujud. Apa yang kita lakukan hari ini adalah warisan untuk generasi didepan kita," kata Presiden.

Kapsul Waktu Impian Indonesia adalah wadah sejarah berbentuk kapsul tempat menyimpan dokumen tulisan impian masyarakat dari setiap provinsi di Indonesia. Sebelumnya, kapsul tersebut telah mengelilingi 34 provinsi sejak 22 September 2015 untuk mengumpulkan mimpi-mimpi anak Indonesia. Selanjutnya, kapsul impian ini akan diletakkan secara permanen di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia dan baru akan dibuka tahun 2085. 

Kapsul waktu dibuat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Ayo Kerja dalam rangka memperingati 70 tahun Indonesia Merdeka, yang merupakan simbol impian, harapan dan motivasi bangsa Indonesia untuk 70 tahun yang akan datang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement