Selasa 15 Dec 2015 20:08 WIB

Penetapan Pimpinan KPK Dipastikan Molor

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ilham
Politikus Partai Demokrat, Benny K Harman.
Foto: Republika
Politikus Partai Demokrat, Benny K Harman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penetapan pimpinan KPK yang semula diagendakan Rabu (16/12), dipastikan mundur hingga Kamis (17/12). Penyebabnya, ada kemunduran jadwal fit and proper test yang seharusnya hari ini Komisi III menguji empat capim, menjadi hanya tiga.

Kemunduran jadwal tersebut disebabkan molornya sidang paripurna DPR, yang membahas Revisi UU KPK dan RUU Pengampunan Pajak. Rapat paripurna yang sedianya diagendakan tuntas pukul 13.00 WIB, mundur hingga pukul 15.00 WIB. Hal tersebut tentu berdampak pada dimulainya fit and proper test yang diagendakan pukul 13.00 WIB, namun baru dimulai pukul 15.00 WIB.

Agenda hari ini seharusnya Komisi III menguji Surya Tjandra, Robby Arya Brata, Basaria Panjaitan, dan Agus Raharjo. Namun, akibat molornya waktu fit and proper test ini, Komisi III menjadwalkan ulang dengan hanya menguji tiga capim dan Agus Raharjo diundur menjadi Rabu.

''Mau bagaimana lagi, masa mau sampai pagi kita,'' kata Benny K Harman, pimpinan sidang fit and proper test kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (15/12). (KPK Tahan Empat Anggota DPRD Musi Banyuasin).

Kepastian mundur tersebut ditegaskan oleh Anggota Komisi III Mulfachri Harahap dari Fraksi PAN, saat memimpin sidang fit and proper test capim KPK. ''Untuk penetapan capim terpilih KPK kita undur sampai Kamis (17/12),'' katanya.

Terkait M Busyro Muqaddas, Komisi III belum bisa memastikan apakah dia akan terus maju atau tidak menjadi capim KPK. Sebab, hingga saat ini belum ada konfirmasi dari Busyro untuk hadir dalam fit and proper test besok.

Komisi III memutuskan untuk menghadirkan semua capim KPK. Paling tidak, bagi Busyro yang sebelumnya sudah ikut fit and proper tes, dirinya datang untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum jelas.

''Kalau tidak hadir ya dianggap tidak siap. Jangan mencari-cari alasan. Itu sebagai bentuk penghormatan terhadap lembaga poltik,'' kata Benny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement