Selasa 15 Dec 2015 11:27 WIB

Indonesia Komitmen Ciptakan Iklim Investasi Bersahabat untuk Jepang

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Winda Destiana Putri
Jusuf Kalla
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil presiden Indonesia M Jusuf Kalla menyatakan, pihaknya berkomitmen tinggi menciptakan iklim investasi yang bersahabat bagi perusahaan Jepang.

Dalam bidang ekonomi, pihaknya berterima kasih atas ekspansi berbagai perusahaan di Indonesia. "Sehingga, saya menegaskan bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen tinggi menciptakan iklim investasi yang bersahabat bagi korporasi dan investor Jepang," kata dia saat di pembukaan acara perayaan ulang tahun ke-82 kaisar Jepang Akihito, di Jakarta, Senin (14/12) malam.

Langkah ini termasuk menyambut kerja sama pembangunan kereta cepat (Mass Rapid Transit/MRT) antara Jepang-Indonesia yang dapat dilaksanakan dengan baik. Selesainya proyek ini diharapkan dapat membantu masalah transportasi di Jakarta. Kedepannya, ia meyakini persahabatan antara kedua negara terus terjalin di masa mendatang.

"Tidak hanya menguntungkan rakyat kedua negara tapi memberikan dampak positif dunia internasional," tambah dia.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki mengatakan, mayoritas modal Jepang di Indonesia disalurkan pada industri manufakturdan telah berkontribusi bagi perkembangan ekonomi Indonesia dan penciptaan lapangan kerja.

"Dewasa ini penanaman modal Jepang pada industri bidang jasa telah berkembang pesat dan berhasil dengan tepat memenuhi selera pasar Indonesia," ujarnya.

Bisa dikatakan, ia melanjutkan, kerja sama ekonomi antarkedua negara telah berkembang ke arah yang lebih baik yang mampu menjawab berbagai tantangan zaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement