Kamis 10 Dec 2015 15:10 WIB

Tak Satu Pun Anggota DPR Hadiri Acara Peringatan Hari Antikorupsi

PLT Ketua KPK, Taufikurachman Ruki.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
PLT Ketua KPK, Taufikurachman Ruki.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK Taufiqurrahman Ruki mempertanyakan mengapa tidak ada anggota DPR RI yang hadir pada Puncak Peringatan Festival Antikorupsi 2015 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Kamis (10/12).

"Anggota DPR tidak ada satu orang yang hadir di sini, kenapa ini? Yang ada malah anggota DPD (Ketua DPD RI Irman Gusman)," katanya.

Pada Puncak Peringatan Festival Antikorupsi 2015 tersebut, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut B Panjaitan membacakan sambutan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir karena sakit.

(Baca juga: Jokowi Sakit)

Ia menuturkan diperlukan upaya kolektif dari semua pihak untuk melawan dan memerangi korupsi di Indonesia karena korupsi tidak bisa dilawan oleh satu lembaga saja.

"Korupsi bisa dilawan kalau dilakukan bersama-sama, korupsi tidak bisa dilawan oleh satu lembaga saja tapi harus ada upaya kolektif. Kita mengajak seluruh warga dan pihak terkait lainnya untuk bersama-sama memerangi korupsi ini," ujarnya.

Ia mengatakan, pemberantasan korupsi bisa diberantas dengan pecegahan dan ketegasan aparat penegak hukumnya dan Untuk mencegah dan memerangi korupsi memerlukan langkah-langkah komprehensif.

"Kuncinya itu adalah rakyat terlibat, kuncinya kerjasama bahu-membahu antar lembaga penegak hukum. Kuncinya eksekutif legislatif bekerjasama. Kuncinya keteladanan pemimpin pusat sampai daerah," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement