Senin 07 Dec 2015 17:48 WIB

Bogor Siap Jadi Tuan Rumah Pagelaran Seni Rakyat

Rep: C34/ Red: Winda Destiana Putri
Bogor
Foto: Alif TV
Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kota Bogor ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pagelaran Kesenian Rakyat dan Bazar 2015. Pagelaran tersebut akan dilaksanakan pada 13 Desember 2015 mendatang.

Kepala Bidang Kesos BKPP Provinsi Jawa Barat Asep Sofyan mengatakan, kegiatan tersebut akan menampilkan kesenian rakyat dan produk unggulan dari masing-masing kota/kabupaten se-wilayah I.

Enam kota dan kabupaten yang akan berpartisipasi yakni Kota dan Kabupaten Bogor, Depok, Cianjur, serta Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Ditambahkan Asep, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan ruang bagi seniman dan budayawan untuk mengembangkan kreativitas. Diharapkan, acara dapat dibuka secara resmi oleh Kepala BKPP Wilayah I Supriatno serta Bupati dan Walikota se-wilayah I.

"Melalui kegiatan ini kami juga ingin mengembangkan nilai-nilai sejarah dan filosofis yang terkandung dalam kesenian rakyat," kata Asep.

Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor merespons positif kegiatan tersebut. Acara tersebut dianggap sebagai kesempatan baik untuk memperkenalkan potensi kesenian dan ruang publik di Kota Bogor.

"Manfaat lainnya kami juga bisa memberikan ruang kepada para seniman yang ada di Kota Bogor untuk berekspresi," ujar Kepala Seksi Kesenian Disbudparekraf Kota Bogor Uci Sanusi.

Dalam pagelaran tersebut, Kota Bogor akan menampilkan kesenian Rineka Galindeng Sora (kemasan lagu dalam bentuk pertunjukan). Karya sanggar Gelar Gunara yang merupakan salah satu pemenang dalam Festival Kemasan Seni Pertunjukan 2015 yang digelar Disbudparekraf Kota Bogor akhir November lalu.

"Di ajang ini kami berikan kesempatan kepada salah satu pemenang untuk menampilkan hasil karyanya agar bisa dilihat oleh masyarakat Kota Bogor dan juga tamu dan peserta dari daerah lain," kata Uci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement