Jumat 04 Dec 2015 20:13 WIB

KPU Sebut tak Ada Lagi Masalah Anggaran

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
KPU
KPU

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang menunggu komitmen daerah untuk mencairkan anggaran Pilkada yang batas waktunya berakhir pada Sabtu (5/12).

Komisioner KPU Arief Budiman mengatakan koordinasi terakhir KPU mengungkapkan tiga daerah yang sebelumnya memiliki masalah anggaran sudah menyatakan kesediaan menyiapkan 100 persen anggaran pilkada.

“Tiga daerah itu terkonfirmasi sudah ditranfer 100 persen kecuali Yahukimo, sebagian sudah ditranfer dan sebagian sudah disediakan tapi belum ditransfer. Tapi ketersediannya sudah 100 persen,” ujar Arief di Media Center KPU, Jakarta, Jumat (4/12).

(Baca juga: Pemerintah Yakin Pilkada Serentak Aman)

Dengan begitu proses tahapan Pilkada di daerah tersebut bisa dilanjutkan, termasuk untuk segera mendistribusikan logistik pilkada.

“Di Yahukimmo, meski anggaran belum 100 persen, tapi anggaran yang ada itu untuk sewa pesawat kecil. Targetnya, besok 100 persen bisa dikirim ke distrik-distrik,” ujarnya.

Mantan Komisioner KPU Jawa Timur tersebut menyebutkan saat ini proses distribusi keseluruhan dari kabupaten/kota ke kecamatan sudah mencapai 61 persen. Ia menyebutkan jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat daerah berangsur-angsur melakukan proses distribusi.

“Beberapa daerah memang baru akan kirim tanggal 6-7, untuk yang jarak ke kecamatannya dekat, seperti Pasuruan kan hanya butuh 1-2 jam,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement