Jumat 04 Dec 2015 17:20 WIB
Kasus Papa Minta Saham

Relawan Jokowi Desak MKD Panggil Andrinof Chaniago

Red: M Akbar
Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan Jokowi-JK mendesak Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR memanggil mantan Menteri PPN/ Kepala Bappenas Andrinof Chaniago. Pemanggilan ini perlu dilakukan karena nama Andrinof sempat muncul dari hasil rekaman pembicaraan suara mirip Setya Novanto.

Ketua Sahabat Menangkan Jokowi-JK (STMJ), Gunawan, mengatakan pemanggilan pada sosok Andrinof perlu dilakukan karena yang bersangkutan merupakan mantan ketua Renegosiasi Freeport dan Pembangunan Papua.

"Saya pikir biar tuntas kasus Freeport ini, MKD harus mengundang Andrinof untuk melihat rangkaian proses negosiasi yang dilakukan para pemburu saham Freeport. Jika perlu DPR bentuk Pansus Negosiasi Freeport," kata Gunawan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (4/12).

Gunawan menyebut skandal yang dikenal dengan tagar Papa Minta Saham ini sama seperti rekaman Watergate yang menjatuhkan presiden Richard Nixon. "Mungkin istilahnya Freeportgate-lah. Mendiamkan ini harga sosialnya sungguh mahal," ujarnya.

Gunawan mengatakan, pihaknya pernah mendapat informasi bahwa Andrinof juga pernah coba dilobi sejumlah pihak. Mulai dari petinggi Freeport Indonesia maupun yang ada di Amerika hingga dilobi para pihak yang ada di dalam rekaman 'Papa Minta Saham'.

Lebih lanjut, Gunawan meyakini Andrinof merupakan tokoh yang sejak awal diharapkan bisa menjadi palang pintu melawan agenda neoliberalisasi dan penggerak mewujudkan Trisakti.

"Dengan munculnya kasus rekaman ini, dugaan kami selama ini seperti mendapat pembenaran bahwa dia diduga telah dicopot karena adanya intrik pembusukan oleh elite politik dan pejabat di sekitar istana yang bernafsu menguasai Freeport," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement