Ahad 29 Nov 2015 22:21 WIB

Hiburan Baru Warga Bekasi, VW Kodok Rasa Sepeda

Rep: c 37/ Red: Indah Wulandari
VW Kodok modifikasi sepeda
Foto: bukalapak.com
VW Kodok modifikasi sepeda

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- Warga Perumahan Puri Gading, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi punya hiburan baru berupa kendaraan unik yang bisa dinikmati setiap akhir pekan.

Bentuknya seperti mobil Volkswagen Beetle (VW Kodok) yang muat ditumpangi oleh lima orang. Namun, sebenarnya benda itu lebih cocok disebut 'sepeda mobil'.

Penyebutan 'sepeda mobil' lebih dirasa cocok lantaran mobil tersebut tidak memiliki mesin layaknya mobil pada umumnya, melainkan pedal sebagai alat untuk mengayuh kendaraan. Lantaran menggunakan pedal sebagai alat utama menggerakan kendaraan, lajunya pun disesuaikan dengan kemampuan tenaga genjot dari seluruh penumpang.

Sepeda mobil ini pertama kali disewakan pada Sabtu dua pekan lalu dengan tarif Rp 25 ribu. Dengan tarif sebesar itu, warga bisa menikmati sepeda mobil ini di lingkungan Perumahan Puri Gading sejauh kira-kira 1 km untuk satu putaran.

Syaiful (35 tahun), salah satu pelanggan menuturkan baru pertama kali merasakan sepeda mobil tersebut. Menurut Syaiful, kendaraan ini cukup menarik dan unik karena dia naik mobil, tapi serasa bersepeda.

"Bisa dibilang naik mobil tapi rasa sepeda, karena saya cukup ngos-ngosan (kelelahan) naik mobil ini," kata Syaiful, usai menggunakan sepeda mobil di Perumahan Puri Gading, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Sabtu (28/11) malam.

Pemilik sepeda mobil ini, Budi Santoso (31 tahun) menjelaskan, agar tidak capek, dibutuhkan kerjasama yang solid bagi seluruh penumpang untuk mengayuh pedal, agar kendaraan itu bisa melaju dengan cepat.

"Kalau penumpangnya nggak menggenjot juga, pengemudinya bakal kelelahan karena cuma dia sendirian yang mengayuh pedalnya," jelas Budi.

Budi menjelaskan, ide pembuatan sepeda mobil ini muncul secara tak sengaja saat dia teringat sepeda mobil di Jawa Timur. Beberapa bulan setelah berkunjung ke Jawa Timur, Budi diberhentikan dari tempat kerjanya sebagai kontraktor karena sepi proyek.

Budi pun terkena pemutusan hubungan kerja oleh perusahaannya pada September 2015 lalu, dan memperoleh uang pesangon sebesar Rp 25 juta.

Budi lalu mengajak rekannya untuk membuat sepeda mobil yang lebih menarik dari kendaraan yang dia lihat di Jawa Timur. Budi kemudian membuat bodi mobil VW Kodok dari fiberglass seperti bentuk aslinya.

Mobil jenis VW Kodok dipilih karena unik dan antik. Mobil itu kemudian juga dihiasi lampu jenis LED di tiap sisinya dan dipasang audio untuk memutar alunan musik.

"Saya suka mobil ini karena sekarang sudah sulit dicari," kata warga Kampung Cakung RT 06/04, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement